Show simple item record

dc.contributor.authorJusnita
dc.contributor.authorArifin
dc.contributor.authorSuwandi
dc.date.accessioned2014-12-04T03:14:45Z
dc.date.available2014-12-04T03:14:45Z
dc.date.issued2014-11-25
dc.identifier.citationArismunandar, Wiranto. 2005. Motor Bakar Torak. Edisi Kelima. Bandung: ITB Sri Komaladewi, I Ketut Adi Atmika, Agus Haryawan. Tinjauan Kinerja Traksi Sistem Transmisi otomatik CVT) Pada Sepeda Motor Dengan Variasi Konstanta Pegas Sliding Sheave Dan Berat Roller Sentrifugal, Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke-9 Palembang, 13-15 Oktober 2010. Kiyaku, yaswaki dan Murdhana. Teknik Praktis Merawat Sepeda motor. Bandung. Pustaka Setia, 1998. Nartop, R.S. 1995. Teknik Reparasi Sepeda Motor. Bandung. Pustaka Setia, 1995 Astra Motor, Buku Pedomaman Reparasi Sepeda Motor.2010. Try Bayu Pamungkas,”Analisis Performa Pemasangan Mixer Di Intake Manifold Pada Motor 4 Langkah Berbahan Bakar Lpg”. Fakultas Teknik Universitas Jember.en_US
dc.identifier.issn2339-028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5017
dc.description.abstractPenelitian ini menyajikan tentang pengujian yang akan dilakukan dengan menggunakan selenoid valve 12 volt sebagai pengaman pada sepeda motor berbahan bakar gas sebagai konversi energi alternatif yang ramah lingkungan. Perinsip kerja dari sistem bahan bakar LPG dengan memodifikasi sistim pemasukan bahan bakar dengan cara penambahan alat yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran gas sebelum masuk keruang bakar. Pengujian suhu dan putaran stasioner pada saat idling selama 15 menit suhu mesin mencapai 77° C dengan putaran stasioner 1390 rpm dengan perbandingan komposisi 1:12, dan 1:18 untuk berjalan normal dan akslerasi. Hasil pengapian pada warna busi abu-abu kering tanpa ada penumpukan karbon basah pada kepala busi dengan nilai kompresi untuk sepeda motor bahan bakar gas adalah 1560 Kpa. Sedangkan pengujian tes jalan dengan medan area yang bervariasi dengan 1 tabung LPG seharga Rp 16.000 dapat menempuh jarak 210 km atau1 kg gas dapat menempuh jarak sekitar 65-70 km, sedangkan untuk premium dengan area yang sama menempuh jarak sekitar 42-45 km bahan membutuhkan sekitar 5.2 liter atau Rp 32.500. Untuk pengujian torsi dan daya terjadi penurunan pada torsi maksimum pada bahan bakar LPG sekitar 1,12 Nm dan terjadi penurunan daya pada Rpm 8500 yaitu sekitar 0,36 Kw karena maijetnya dibuat secara konvensional. Untuk pengujian emisi gas buang menggunakan premium (karburator) gas CO=2,65%, CO2=2,2%, O2=18,67%, HC=761 ppm, untuk premium (FI) CO=0,25%, CO2=4,9%, O2=18,67%, HC=183 ppm sedangkan menggunakan LPG CO=0,06%, CO2=2,5%, O2=20,55%, HC=3064 ppm, maka kadar CO hasil pembakaran bahan bakar gas LPG lebih baik.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectSelenoid valve 12 volten_US
dc.subjectsuhuen_US
dc.subjecttorsi maksimumen_US
dc.subjectdaya maksimumen_US
dc.subjectemisi gas buangen_US
dc.titleSelenoid Valve 12 Volt sebagai Pengaman pada Sepeda Motor Berbahan Bakar Gas Sebagai Konversi Energi Alternatif yang Ramah Lingkunganen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record