dc.identifier.citation | Apple, James M.,1990, Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan, Edisi Ketiga, Penerbit ITB, Bandung. Benjafaar, S. et al.,2000, Next Generation Factory Layouts, Reserch Chalenges and Recent Progress. Benjafaar, S. dan Lahmar, M., 2005, Design of Distributed Layouts, IIE Transactions 37:303-318. Heragu, Sunderesh S., 2008, Facilities Design,Third Edition, CRC Press Taylor & Francis Group, Boca Raton.Huang, dan Irani, S. A.,1999, Design of Facility Layouts Using Layout Modules, Proceedings o S. Gabriel, Djoko ; Nurcahyo, Rahmat dan Sushendrato, Pramuyudha., 2011, Mengurangi Pemborosan Transportasi Melalui Perancangan Ulang Tata Letak Pabrik Berbasis Pengelompokan Produk (Studi Kasus Produk Hexilon Pada Perusahaan X), Proceeding Seminar nasional Teknik Industri & Kongres BKSTI VI. Tompkins, J.A dan White.,1994, Facilities Planning, New York, Wiley. | en_US |
dc.description.abstract | Efektifitas dan efisiensi merupakan kebutuhan dalam suatu proses pemeliharaan Pesawat
Hawk 100/200 di Hanggar Lanud Roesmin Nurjadin. Untuk memperoleh efektifitas dan
efesiensi perlu adanya penelitian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu jarak,
waktu dan biaya. Nilai total jarak, waktu dan biaya tempuh yang besar menjadi permasalahan
yang dihadapi oleh Hanggar pemeliharaan di Lanud Roesmin Nurjadin. Besarnya nilai total
jarak, waktu dan biaya tempuh disebabkan oleh penataan tata letak fasilitas yang kurang
efektif dan efisien. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka perlu adanya
perancangan ulang tata letak fasilitas pada hanggar pemeliharaan pesawat Hawk 100/200
hingga mendapatkan hasil yang optimal. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah
membuat Operation Process Chart (OPC), Menghitung Ongkos Material Handling (OMH),
membuat From To Chart (FTC), menghitung Koefisien Out Flow & In Flow, membuat Tabel
Skala Prioritas (TSP), Activity Relationship Diagram (ARD), Activity Relationship Chart
(ARC), Area Alocation Diagram (AAD) dan Template. Dari hasil penelitian diperoleh antara
lain (1) total jarak tempuh saat ini 946,48 m dan hasil penelitian 522,24 m ; (2) total waktu
tempuh saat ini 1167 detik dan hasil penelitian 573 detik; (3) total biaya tempuh saat ini Rp
3153 dan hasil penelitian Rp 1548. | en_US |