Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Anita Kumala
dc.contributor.authorPujiyono, Wahyu
dc.date.accessioned2014-12-05T02:46:35Z
dc.date.available2014-12-05T02:46:35Z
dc.date.issued2014-11-25
dc.identifier.citationCahyono, R., 2014, Metode Story Telling, http://rudipeacelover.blogspot.de/2014/01/makalahmetode- cerita-untuk.html, Diakses tgl 08 April 2014. Dajani, S., 2013, Mengembangkan kemampuan berbahasa lisan melalui kegiatan bercerita pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina kecamatan sipatana kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. Dhieni, N., 2005, Metode Pengembangan Bahasa. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Tangerang. Hidayati, N., 2012, Peningkatan Minat Baca Melalui Story Telling Anak kelompok B TK Al- Muttaqien. Universitas Negeri Surabaya. M. Suyanto, 2013, Multimedia Alat Untuk Menigkatkan Keunggulan Bersaing ANDI OFFSET, Yogyakarta. Vaughan, T., 2004, Multimedia: Making It Work. Edisi ke-6. New York: McGraw-Hill Companies. Zainul, A. S., dan Tika, N.F., 2012, Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B. Universitas Negri Surabaya.en_US
dc.identifier.issn2339-028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5064
dc.description.abstractKegiatan bercerita dengan menggunakan media atau alat pendukung sebagai penyampaian cerita akan membantu pembentukan karakter anak. Media bercerita di Taman Kanak-kanak atau Kelompok Bermain masih bersifat klasikal, dengan membacakan buku cerita yang berupa big book (buku teks besar) fisik yang mempunyai karakteristik gambar yang berwarna-warni dan teks yang tercetak berukuran besar. Namun big book masih sulit ditemui untuk pengadaannya, sehingga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dengan membuat big book sendiri. Namun dari hasil wawancara 70% pendidik menemui kesulitan dalam membuat big book, karena membutuhkan kreativitas, kesabaran dan membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Peran multimedia animasi sangat membantu dalam mengaplikasikan pembelajaran untuk anak. Dengan media audio visual animasi hasilnya akan lebih baik diterapkan pada anak usia dini.Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak. Diharapkan aplikasi ini akan memudahkan pendidik dalam menyampaikan pesan moral cerita dari big book fisik yang telah ada sebelumnya sehingga lebih efektif dan efisien dan untuk meningkatkan minat baca anak untuk pembaca awal. Metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, literature dan kuisoner. Sedangkan pengembangan aplikasinya menggunakan tahapan perancangan konsep, perancangan menu, perancangan diagram navigasi dan perancangan grafis. Untuk menentukan isi big book, melalui tahapan membangun ide, menentukan tema, mengembangkan karakter tokoh, membuat synopsis. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi telah memenuhi kelayakan dari sisi isi dan kemudahan pembuatan big book elektronik, serta dari hasil pengujian T-test terdapat peningkatan ratarata minat baca anak yaitu sebelum (pre-test) 2,27 dan sesudah (pos-test) 3,20 dan tercapainya tujuan dari pembuatan aplikasi yaitu untuk meningkatkan minat baca anak .en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectBig booken_US
dc.subjectmultimediaen_US
dc.subjectstory tellingen_US
dc.subjectminat baca anaken_US
dc.titleAplikasi Big Book Berbasis Multimedia dengan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Minat Baca Anak (Studi Kasus :KB Yudhistira)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record