Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Bidang Belajar Mengajar Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Propinsi Banten
Abstract
Penilaian kinerja dosen pengampu mata kuliah untuk melihat hasil proses belajar
menajar yang telah dilakukan oleh setiap masing-masing dosen. Kriteria dan
subkriteria yang digunakan dalam proses penilaian belajar mengajar dosen adalah
Waktu (kehadiran dosen degan jadwal, waktu proses perkuliahan, waktu ujian),
Kerapihan (Kesopanan pakaian, kerapihan pakaian, kebersihan dan keserasihan),
Komunikasi (kejelasan kalimat, sopan santun kalimat, tata bahasa), Proses
Perkuliahan (Menjelaskan SAP, menggunakan infokus, menciptakan suasana
kondusif, menggunakan metode yang tepat), Penguasaan Materi (Tingkatan
penyampaian materi, ada hubungan antara materi sebelumnya dengan sekarang atau
dengan selanjutnya, menjawab pertanyaan berdasarkan buku acuan), Evaluasi
Belajar (kesesuaian materi dengan soal, presentasi penilaian, bentuk so’al). Metode
yang digunakan dalam proses kriteria diatas yaitu dengan Metode Analytical
Hierarchy Proces (AHP) dan pemrosesan AHP menggunakan Expert Choice 2000.
Tujuan daripada penilaian kinerja dosen ini adalah untuk melihat hasil proses belajar
mengajar yang dilakaukan oleh dosen yang ada di PTS, nantinya bisa digunakan
sebagai masukan PTS mana yang Proses Belajar Mengajarnya (PBM) baik selain itu
bisa digunakan sebagai bahan pertimbangnan dalam proses pemberian beasiswa dari
Propinsi Banten.