dc.identifier.citation | 1 2 Suara Muhammadiyah, No. 24, Desember 2011, hlm. 22. Pimpinan Pusat „Aisyiyah, Laporan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah&Majelis-Lembaga dalam Tanwir ‘Aisyiyah II Periode 2010-2015. Yogyakarta: PP „Aisyiyah, 2014, hlm. 28-29. 3 Mohamad Ali dan Marpuji Ali, Mazhab Al-Maun Tafsir Ulang Praksis Pendidikan Muhammadiyah. Jogjakarta dan Surakarta: Kerja sama antara Apeiron-Philotes dan SD Muhammadiyah Program Khusus I Kottabarat, 2005, hlm. 126-127. 4 Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2001, hlm. 25. 5 Safrudin Wakhid, Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Islam Nurul Huda Walikukun Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: UMS, 2009. Unpublished. 6 Ika Setiyani, Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pengelolaan Materi dan Penggunaan Metode Pembelajaran pada Kelompok B di TKIT AlAusath Pabelan, Kartasura, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2008/2009). Surakarta: UMS, 2009. Unpublished. 7 Nurlaila Mufidah, Pendidikan Akhlak pada Anak Prasekolah (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal Perwanida Mangkunegaran Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta: UMS, 2010. Unpublished. 8 Netti Herawati, Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Quantum, 2006, hlm. 1. 9 Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14. 10 11 Ibid., Bab VI Pasal 28 Ayat 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. 12 Fasli Jalal, “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia”, makalah dalam Semiloka Nasional Pendidikan Anak Usia Dini: Peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga dalam Membangun Karakter Bangsa di Universitas Negeri Jogjakarta, 24 Desember 2007, hlm. 37-45. Unpublished. 13 IGB Wilayah Jawa Tengah, Materi Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA). Semarang: IGB Wilayah Jawa Tengah, 1989, hlm. 3-7. 14 15 16 Ibid., hlm. 8-11. Ibid. PP „Aisyiyah Majelis Dikdasmen, Pengembangan Ke’aisyiyahanKemuhammadiyahan Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal. Jakarta: Al Fajri, 2007, hlm. 1-2. 17 18 Ibid., hlm. 4-7. Qaidah „Aisyiyah (1966) yang dikutip dalam PP „Aisyiyah, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan ‘Aisyiyah. t.t.: Pimpinan Pusat „Aisyiyah Seksi Khusus Penerbitan dan Publikasi, t.th., hlm. 89. 19 20 21 22 Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 22/KEP/I.0/B/2009. Dalam Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 92/KEP/I.0/B/2007. PP „Aisyiyah Majelis Dikdasmen, hlm. 1&3. Mahasri Shobahiya, “Pembelajaran Berperspektif Gender dalam Islam untuk Anak Usia Dini” dalam Suhuf, Volume 24, No. 1 Mei 2012, hlm. 39-50. 23 MB. Miles dan AM. Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 1992, hlm. 16. 24 25 Netti Herawati, Buku Pendidik, hlm. 1. Pimpinan Wilayah „Aisyiyah Jawa Tengah Periode 2010-2015, Tanfidz Keputusan Musyawarah Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah Periode Muktamar Ke-46, Lampiran IIb: Pengembangan Kader „Aisyiyah, hlm. 102-103. 26 Pimpinan Pusat „Aisyiyah Majelis Dikdasmen, Pengembangan Al-Islam PAUD ‘Aisyiyah (Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal). Jakarta: PP „Aisyiyah Majelis Dikdasmen, 2011, hlm. 31. 27 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 28 29 Pimpinan Pusat „Aisyiyah Majelis Dikdasmen, hlm. 31-32. Imas Kurinasih & Berlin Sani, Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena, 2014, hlm. 43-45. 30 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Pasal 66. | en_US |
dc.description.abstract | This research were running in two years and having two targets: (1) to describe the recognition
of Al-Islam and Kemuhammadiyahanat (AIK) at the TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal, Kartasura of
Sukoharjo, and (2) to make the recognition of Al-Islam and Kemuhammadiyahan model on
matching to the early-age of children growth, especially for the TK ' Aisyiyah Bustanul Athfal.
The data collecting method were using four techniques, namely are documentation, observation,
interview, and focus group discussion. While the data analyzing method was used the
qualitative description. The finding of the research are: (1) there were many differences of AIK
contents or materials that it was because of the differences knowledge of the teachers; (2) the
minim of more nipping AIK development strategy for the cultivation of AIK values, so that
require new formula recognition of AIK model for the early-age of children growth; (3)
recognition of AIK model to the early-age of children growth were using multimodel; and (4)
the content of AIK can be developed to the early-age of children growth at TK 'Aisyiyah
Bustanul Athfal environment require to relate at development 10 elementary competences. | en_US |