dc.contributor.author | Supriyatno, Supriyatno | |
dc.contributor.author | Supriyanto, Eko | |
dc.contributor.author | Maryadi, Maryadi | |
dc.date.accessioned | 2015-02-12T09:16:41Z | |
dc.date.available | 2015-02-12T09:16:41Z | |
dc.date.issued | 2013-08 | |
dc.identifier.citation | Akomolafe, C. Olufunke. 2009. “The Practice and Prospects of Accreditation of Academic Programmes in Universities in Nigeria: The Perspective of Academic Staff.” International Journal of Educational Administration. Volume I Number 1 (2009), pp. 59-68. Neal, Anne D. 2008. “Seeking Higher-ed Accountability : Ending Federal Accreditation.” Journal of educational Change. New Rochele: Sep/Oct 2008. Vol. 40, Iss. 5; pg. 24, 6 pgs Anonim. 2005. “Pengaruh Akreditasi Sekolah dan Persepsi Guru mengenai Supervisi Kepala Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa”.www.wordpress.com. diakses tanggal 28 mei 2010. Anonim. 2011. “Panduan Teknis Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah”. http://edu-articles.com/ wp-content/uploads/2011 /06/01 -EDSM-Panduanversion-01.01.11 .pdf. Diakses apda tanggal 8 Januari 2012. Charmonman, Srisakdi dan Natanicha Chorpothong. 2004. “Accreditation of eLeaming Degree”. International Journal of The Computer, the Internet and Management. Vol. 12 No.2 (May-August, 2004) pp 235 -241 Moleong, L.J. 2006.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5233 | |
dc.description.abstract | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan, (1) penyusunan
evaluasi diri sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SD Negeri 2 Mranti
Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, (2) proses visitasi dalam meningkatkan
akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, dan
(3) hasil akreditasi sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SD Negeri 2
Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif yang menggunakan desain etnografi. Teknik pengumpulan data
berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Simpulan yang didapat
adalah (1) Penyusunan evaluasi diri sekolah di SD Negeri 2 Mranti dilakukan setiap
lima tahun sekali oleh tim khusus yang dibentuk oleh kepala sekolah. Penyusunan
dilakukan sebelum tahun pelajaran baru berlangsung yang dilakukan dengan
pengumpulan data dari SNP. EDS berisi pengisian instrumen EDS dan bukti fisik untuk
masing-masing butir SNP. (2) Proses visitasi dalam meningkatkan akreditasi sekolah di
SD Negeri 2 Mranti berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. Proses tersebut diawali
dengan pengajuan surat pelaksanaan akreditasi yang dilengkapi dokumen EDS kepada
BAS kabupaten. (3) Hasil akreditasi sekolah di SD Negeri 2 Mranti mengalami
peningkatan dari hasil akreditasi sebelumnya. Pada tahun 2005 hasil akreditasi
menunjukkan SD Negeri 2 Mranti mendapatkan nilai 79, sedangkan pada tahun 2010
mendapatkan nilai 86.81. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | akreditasi | en_US |
dc.subject | EDS | en_US |
dc.subject | visitasi | en_US |
dc.subject | hasil | en_US |
dc.title | Pengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo) | en_US |
dc.type | Article | en_US |