Show simple item record

dc.contributor.authorSupriyatno, Supriyatno
dc.contributor.authorSupriyanto, Eko
dc.contributor.authorMaryadi, Maryadi
dc.date.accessioned2015-02-12T09:16:41Z
dc.date.available2015-02-12T09:16:41Z
dc.date.issued2013-08
dc.identifier.citationAkomolafe, C. Olufunke. 2009. “The Practice and Prospects of Accreditation of Academic Programmes in Universities in Nigeria: The Perspective of Academic Staff.” International Journal of Educational Administration. Volume I Number 1 (2009), pp. 59-68. Neal, Anne D. 2008. “Seeking Higher-ed Accountability : Ending Federal Accreditation.” Journal of educational Change. New Rochele: Sep/Oct 2008. Vol. 40, Iss. 5; pg. 24, 6 pgs Anonim. 2005. “Pengaruh Akreditasi Sekolah dan Persepsi Guru mengenai Supervisi Kepala Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa”.www.wordpress.com. diakses tanggal 28 mei 2010. Anonim. 2011. “Panduan Teknis Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah”. http://edu-articles.com/ wp-content/uploads/2011 /06/01 -EDSM-Panduanversion-01.01.11 .pdf. Diakses apda tanggal 8 Januari 2012. Charmonman, Srisakdi dan Natanicha Chorpothong. 2004. “Accreditation of eLeaming Degree”. International Journal of The Computer, the Internet and Management. Vol. 12 No.2 (May-August, 2004) pp 235 -241 Moleong, L.J. 2006.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5233
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan, (1) penyusunan evaluasi diri sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, (2) proses visitasi dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, dan (3) hasil akreditasi sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan desain etnografi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Simpulan yang didapat adalah (1) Penyusunan evaluasi diri sekolah di SD Negeri 2 Mranti dilakukan setiap lima tahun sekali oleh tim khusus yang dibentuk oleh kepala sekolah. Penyusunan dilakukan sebelum tahun pelajaran baru berlangsung yang dilakukan dengan pengumpulan data dari SNP. EDS berisi pengisian instrumen EDS dan bukti fisik untuk masing-masing butir SNP. (2) Proses visitasi dalam meningkatkan akreditasi sekolah di SD Negeri 2 Mranti berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. Proses tersebut diawali dengan pengajuan surat pelaksanaan akreditasi yang dilengkapi dokumen EDS kepada BAS kabupaten. (3) Hasil akreditasi sekolah di SD Negeri 2 Mranti mengalami peningkatan dari hasil akreditasi sebelumnya. Pada tahun 2005 hasil akreditasi menunjukkan SD Negeri 2 Mranti mendapatkan nilai 79, sedangkan pada tahun 2010 mendapatkan nilai 86.81.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectakreditasien_US
dc.subjectEDSen_US
dc.subjectvisitasien_US
dc.subjecthasilen_US
dc.titlePengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record