Power Relations of Non-Native English Teachers and Their Students in The Classroom
Abstract
Penelitian ini berkenaan dengan hubungan kekuasaan antara guru bahasa Inggris
domestik dengan siswanya di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan
hubungan kekuasaan guru bahasa Inggris domestik dengan siswanya di dalam kelas.
Data penelitian ini berupa ujaran yang menunjukkan hubungan kekuasaan yang diambil
dari Sembilan sekolah di menengah atas di Kabupaten Purworejo. Data dikumpulkan
lewat observasi dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan wacana kritis. Hasil
penelitian menunjukan bahwa: (1) guru bahasa Inggris domestik lebih berkuasa dalam
hal mengungkapkan unit pesan; (2) guru dan siswa di lima sekolah menengah atas
memiliki kekuasaan yang seimbang dalam menggunakan giliran; (3) dalam berinisiasi
guru bahasa Inggris domestik lebih berkuasa daripada siswanya; (4) berinisiasi tentang
topik diskusi sepenuhnya dikuasai oleh guru bahasa Inggris domestik; (5) siswa dan
guru bahasa Inggris domestik memiliki kekuasaan yang seimbang dalam merespon;
dan (6) dalam menentukan penggunaan giliran, guru bahasa Inggris domestik lebih
berkuasa. Simpulanya adalah guru bahasa Inggris domestik lebih berkuasa daripada
siswanya di dalam kelas. Hal ini sangat dipengaruhi oleh budaya Indonesia.