Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Fitri Puji
dc.date.accessioned2015-03-06T10:04:07Z
dc.date.available2015-03-06T10:04:07Z
dc.date.issued2013-12
dc.identifier.citationHartono. [2008]. Strategi Pembelajaran Active Learning (www. Strategi Pembelajaran Active Learning « Membina Generasi Rabbani.Htm, tgl 5 Juni 2010). Hernowo. [2007]. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung: Penerbit MLC. Lickona, Thomas. [1991]. Educating for character, how our school can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books _______. [2013]. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media. Lie, Anita. [2007]. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Marzuki, M. Murdiono, Samsuri. [2011]. Pembinaan Karakter Siswa berbasis Pendidikan Agama di SD dan SMP di DIY, dalam JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 41, Nomor 1, Mei 2011, hal. 71-86 Megawangi, Ratna, Dkk. [2005]. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta Pusat: Viscom Pratama. Miles, M.B. & Huberman, A.M. [1984]. Qualitative Data Analisys: A Source Book of New Methods. Beverly Hills, CA: Sage Publications Moleong, Lexy.J. [1990]. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Pardjono. [2010]. Pendidikan Karakter di Indonesia: Konsep dan Implementasinya, Makalah ini disampaikan pada saat Seminar Nasional ”Revitalisasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Bangsa” pada tanggal 16 Mei 2010. Sjarkawi. [2006]. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5322
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk pendidikan karakter dengan model pembelajaran yang menyenangkan di lingkungan peserta didik sekolah Dasar berbudaya Jawa yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan terlibat aktif dan wawancara mendalam dengan guruguru dan siswa-siswa SD. Data yang terkumpul dianalisis dengan snowball technic of analysis model Milles Huberman. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) pemahaman guru SD tentang pendidikan karakter belum luas, guru masih mendefinisikan pendidikan karakter dengan proses belajar mengajar yang di dalamnya ditumbuhkan karakter-karakter yang baik, misalnya: disiplin, bertanggung jawab, rajin, tenggang rasa, dll., (2) pemahaman siswa SD tentang pendidikan karakter sangat dangkal. Siswa SD hanya mengetahui bahwa di sekolah ada aturan-aturan yang jika dilanggar akan mendapat teguran sampai hukuman, (3) implementasi pendidikan karakter melalui model pembelajaran yang menyenangkan dilakukan oleh guru dengan memodifikasi pembelajaran dengan strategi pembelajaran menyenangkan melalui nyanyian, permainan, dan nasihat yang mengarah ke budaya Jawa.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectmodel pembelajaran menyenangkanen_US
dc.subjectberbudaya jawaen_US
dc.titlePendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Menyenangkan di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record