Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Murfiah Dewi
dc.contributor.authorDwiyanto, Andi
dc.contributor.authorHastuti, Winda
dc.date.accessioned2015-03-09T09:10:02Z
dc.date.available2015-03-09T09:10:02Z
dc.date.issued2014-05
dc.identifier.citationDarmadi, H.. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendididkan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Psma. 2013.“Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran melalui Pendekatan Saintifik” Maleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Miles, M.B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia. 5 Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan Sukmadinata, N.S.. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionalen_US
dc.identifier.isbn978-602-1145-04-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5332
dc.description.abstractPenilaian sikap pada kurikulum 2013 melalui pengamatan dapat menggunakan jurnal atau daftar ceklis pengamatan yang memuat aspek sikap yang diamati, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Jurnal adalah catatan pendidik yang sistematis di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik berkaitan dengan sikap dan perilaku. Rincian aspek sikap yang diamati merujuk pada indikator sikap yang dijabarkan dari KI-1 dan KI-2 pada saat dilakukan analisis kompetensi. Penilaian sikap dilakukan sebagai upaya mengembangkan sikap sosial dan sikap religius dalam rangka pengembangan nilai karakter bangsa. Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penilaian sikap pada kurikulum 2013 di Kelas IV SD N Kleco I Surakarta?. Dan bertujuan mendeskripsikan penilaian sikap pada kurikulum 2013 di Kelas IV SD N Kleco I Surakarta. Dari hasil penelitian di SDN Kleco I Surakarta menggunakan penilaian sikap antara lain: jurnal guru, pengamatan pada siswa, siswa melakukan penilaian diri sendiri dan penilaian terhadap teman. Dari hasil penilaian sikap sudah menunjukkan sikap yang baik, hanya sikap terhadap kebersihan yang belum baiken_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectpenilaian sikapen_US
dc.subjectkurikulum 2013en_US
dc.titlePenilaian Sikap Pada Kurikulum 2013 di Kelas IV SD Negeri Kleco I Surakartaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record