• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Alat Uji Gempa secara Logika untuk Pembelajaran Materi Struktur pada Mahasiswa Arsitektur

    Thumbnail
    View/Open
    10.Ch. Koesmartadi.pdf (898.4Kb)
    Date
    2014-12
    Author
    Koesmartadi, Ch.
    Firdaus, Harradla Hassan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepulauan Indonesia termasuk di belahan bumi yang rawan bencana gempa bumi , hal ini tampak pada beberapa kali terjadi gempa bumi selalu mengakibatkan kerusakan bangunan. Belajar mendalami pengetahuan arsitektur sangat memerlukan pendalaman secara total tiga dimensi dalam rancangan sebuah desain karya arsitektur. Dalam pembelajaran saat ini seorang mahasiswa lebih banyak belajar mendesain bangunan gedung arsitektur mulai dari sejarah, fungsi, bentuk, susunan termasuk teknologi dan struktur. Dalam sistem pembelajaran di progdi arsitektur mahasiswa juga dituntut untuk menguasai bidang yang biasanya di kuasai oleh bidang teknik sipil yakni struktur. Dalam sistem pembelajaran di arsitektur mahasiswa diharapkan mampu membentuk gugusan desain yang mampu mewadahi segala persoalan manusia dan lingkungannya secara total. Selain pertimbangan arsitektural, ada persoalan pembebanan serta persoalan gempa bumi yang wajib di pahami oleh seorang mahasiswa arsitektur. Meskipun berada di luar kemampuan seorang mahasiswa arsitektur sedapat mungkin mampu menguasai bidang tersebut karena dalam proses mendesain pertimbangan arsitektural dan tekonologi bisa berjalan bersama. Namun secara mendetail seorang mahasiswa arsitektur kurang bisa mendalami dan menguasai secara rinci tentang ilmu yang bukan menjadi bidang yang didalaminya, namun materi ini seharusnya tetap menjadi bahan kajian mahasiswa arsitektur walaupun secara logika. Persoalan ini bisa diselesaikan dengan membuat inovasi alat uji gempa bumi secara logika yang didasarkan pada aksi pergerakan gempa bumi secara umumnya yang dianalisis secara kualitatif terhadap reaksi akibat gempa bumi. Dengan cara ini secara logika dapat di temukan penanggulangan dan perbaikan bentuk struktur bangunan gedung secara kualitatif menyeluruh. Metode peralatan ini dibuat sesuai dengan besaran skala proyek pembelajaran yang diukur meliputi parameter penilaian seperti patokan sebagai peralatan uji grmpa. Alat ini diukur secara logika dalam arti bisa diukur bangunan apabila mengalami kerusakan. Alat ini memiliki skala besaran sesuai dengan besaran penugasan seperti skala 1:100. Pengujian dilakukan degan cara meletakan maket diatas peralatan gempa kemudian digoyang sampai maket mengalami kerusakan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5397
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV