• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Kompetensi Inti Produk Unggulan Industri Kreatif di Kabupaten Malang Guna Meningkatan Daya Saing Produk

    Thumbnail
    View/Open
    22.Yudha Prasetyawan.pdf (370.4Kb)
    Date
    2014-12
    Author
    Prasetyawan, Yudha
    Damayanti, Alia
    Sucahyo, Heru
    Ziyad, Muhammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ASEAN Economic Community (AEC) 2015 merupakan momentum untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi yang stabil, makmur, berdaya saing tinggi, dan secara ekonomi terintegrasi dengan regulasi efektif untuk perdagangan dan investasi, yang di dalamnya terdapat arus bebas lalu lintas barang, jasa, investasi, dan modal serta difasilitasinya kebebasan pergerakan pelaku usaha dan tenaga kerja. Diharapkan Indonesia mampu menjadi Negara pengekspor, dimana nilai ekspor Indonesia ke intra-ASEAN hanya 18-19% sedangkan ke luar ASEAN berkisar 80-82% dari total ekspornya. Berarti peluang untuk meningkatkan ekspor ke intra-ASEAN masih harus ditingkatkan agar laju peningkatan ekspor ke intra-ASEAN berimbang dengan laju peningkatan impor dari intraASEAN. Namun, jika hal ini tidak disikapi dengan benar maka terbukanya pasar dalam negeri dapat menjadi ancaman yang sangat besar bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Salah satu daerah yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik adalah Kabupaten Malang. Kabupaten Malang mengalami peningkatan sebesar 7,44%. Angka ini cukup mengesankan, dikarenakan pertumbuhan tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang hanya sebesar 7,22%. Peningkatan tersebut berasal dari industri-industri kreatif yang ada di Kabupaten Malang. Industri kreatif ini meliputi industri kerajinan anyaman dari rotan, kerajinan topeng malangan, dan kerajinan fesyen. Sektor industri ini mengalami peningkatan permintaan tiap tahunnya. Namun, UKM yang memproduksi kerajinan tersebut tidak mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Terkadang UKM memiliki kesulitan dalam memenuhi permintaan para konsumen dan akhirnya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan profit. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk merencanakan value chain, supply chain management, dan penentuan strategi yang baik pada industri kreatif di Kabupaten Malang demi meningkatkan nilai jual produk-produk tersebut. Dengan harapan nantinya akan menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasar lokal maupun ASEAN, meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan pekerjaan, dan dapat mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Malang. Sehingga industri-industri kreatif di Kabupaten Malang dapat memberikan kontribusi besar pada peningkatan perekonomian Negara Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5487
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV