Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika dengan Mempertimbangkan Team-Teaching
Abstract
Permasalahan penjadwalan terjadi dalam berbagai bidang termasuk pendidikan, lembaga kesehatan,
transportasi, olahraga dan lain lain. Permasalahan penjadwalan pada bidang pendidikan berkaitan
dengan penjadwalan mata kuliah yang membahas tentang pembagian jadwal untuk tiap mahasiswa
pada kuliah tertentu sekaligus dosen pengajarnya. Pada penelitian ini, penjadwalan mata kuliah
mengarah pada pengalokasikan dosen yang berbentuk team teaching dan mata kuliah ke dalam kelas
dan waktu tertentu untuk meratakan beban kerja dosen per hari dan sekelompok mahasiswa per hari
dalam satu minggu dengan tanpa melanggar constraint. Metode yang digunakan pada penelitian ini
ialah metode heuristic algoritma genetika. Proses algoritma genetika dilakukan dengan mendapatkan
beberapa kandidat solusi yang mengalami proses seleksi, mutasi, dan pindah silang untuk
menghasilkan kromosom dengan nilai fitness yang terbaik. Fungsi objektif pada penelitian ini adalah
meminimasi rata rata varian beban kerja dosen dan mahasiswa per hari dalam satu minggu.
Parameter yang digunakan dalam AG ditentukan berdasarkan mekanisme Design Of Experiments
(DOE). Nilai parameter optimal yang digunakan untuk melakukan running program adalah sebagai
berikut: ukuran populasi = 25, dengan probabilitas pindah silang = 0,4 dan probabilitas mutasi =
0,007. Hasil penjadwalan dengan algoritma genetika menunjukkan bahwa nilai varian beban kerja
dosen dan mahasiswa dengan mempertimbangkan team teaching lebih baik dibandingkan
penjadwalan aktual. Penerapan metode algoritma genetika menghasilkan penurunan nilai standar
deviasi beban kerja dosen dan sekelompok mahasiswa dalam satu minggu sebesar 0,107 (3,65%) dan
3,02 (55,3%). Selain itu, penjadwalan mata kuliah menggunakan algoritma genetika dengan
mempertimbangkan team teaching lebih baik dari algoritma genetika tanpa mempertimbangkan team
teaching karena tidak adanya jadwal kuliah yang clash pada kondisi nyata.