Karakter Produk Sukses pada Produk Telepon Genggam Kelas High End
View/ Open
Date
2014-12Author
N, Ary Permatadeny.
R., Lilia Pasca
Istiqlaliyah, Hesti
Metadata
Show full item recordAbstract
Trend dan mobilitas manusia yang semakin tinggi menjadikan produk telepon genggam sebagai salah
satu barang yang penting bagi sebagian orang, apalagi produsen handphone semakin kreatif merilis
produk yang menawan dan fungsional dengan didukung layanan-layanan yang menarik. Hal ini yang
menyebabkan penjualan telepon genggam terutama untuk kelas high end dari tahun ke tahun
mengalami pertumbuhan yang signifikan.Jika dilihat dari data penjualan yang menyebutkan bahwa
hingga pada kuartal kedua tahun 2013 penjualan handphone terutama smartphone mencapai 51,8%
atau total sebanyak 225.326.200 unit.
Analisis kesuksesan dilakukan dengan mendefinisikan produk telepon genggam kelas high end
terlebih dahulu. Karakteristik kesuksesan produk dianalisis berdasarkan kondisi atribut aktual
produk, persepsi konsumen dan faktor pendukung persaingan lainnya serta analisis preferensi
konsumen untuk mengetahui preferensi konsumen tentang prioritas atribut yang paling
diperhitungkan dalam memilih telepon genggam. Metode yang digunakan adalah penyebaran
kuisioner dengan teknik Analytic Hierarchy Process (AHP). Data hasil analisis tersebut kemudian
dipetakan pada kanvas strategi untuk mengetahui kondisi persaingan yang terjadi.
Penentuan produk sukses ini didasarkan pada indikator market share dan jumlah pendapatan dengan
mengelompokan produk kedalam kelas-kelas harga yang telah ditentukan. Berdasarkan evaluasi,
produk yang paling sukses adalah Samsung Galaxy S4 dengan penyebab kesuksesan: memiliki
performa yang bagus, didesain secara ergonomis dengan pilihan warna yang bervariasi, memiliki
fleksibilitas yang tinggi, portabilitas yang tinggi, serta memiliki nilai brand yang tinggi. Diharapkan
dari penelitian ini dapat memberikan informasi situasi terkini pasar telepon genggam sehingga
memungkinan pengembangan produk sesuai keinginan pasar serta mengetahui preferensi keinginan
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk telepon genggam.