Show simple item record

dc.contributor.authorYuamita, Ferida
dc.contributor.authorTontowi, Alva Edy
dc.contributor.authorSentanuhady, Jayan
dc.date.accessioned2015-03-30T06:25:39Z
dc.date.available2015-03-30T06:25:39Z
dc.date.issued2014-12
dc.identifier.citationBiggs, E.H., (1975), Vehicle Speed Safety Signal System, U.S Patent No 3,911,393. Bostrom, N., dan Sandberg, A., (2009), Cognitive Enhancements: Methods, Ethics, Regulatory Challenges. Sci Eng Ethics , 15: 311-341. Bridger, R.S., (1995), Introduction to Ergonomics, McGraw-Hill, Singapore. Coen, T.A., (2002), Bahasa dalam User Interface. Cox, H.F., Cochran,T.E., Fratzke, L.F., dan Fuzzell, J.E., (1977), Vehicle System Monitor, U.S. Patent No. 4,053,868. Gay, L.R., (1981), Educational Research Copetencies dor Analysis and Applications, Ohio: A Bell & Howell Company. Hulse, S. H., Egeth, D., dan Deese, J., (1981), The Psycology of Learning, McGraw-Hill Kogakusha Ltd, Tokyo. Ellis, H.C., dan Hunt, R.R., (1993), Fundamental of Cognitive Psycology, Madison: Brown and Benchmark. Kim,S., Dey, A.K., Lee, J., dan Forlizzi, J., (2011), Usability of Car Dashboard Display for Elder Drivers. Journal CHI : 493-502. Kleinbὂ hl, H., (1983), Instrument Panel for Vehicles, U.S. Patent No. 4,403,818. Konoya, H., Kuki, H., (1994), Electric Vehicle Charging Connector, Connector Assembly and Electric Vehicle Charging System, U.S. Patent No. 5,614, 808. Karia, R.M. dan Ghuntla, T.P., (2012), Comparative Study of Simple and Choice Visual Reaction Time on Medical Students of Bhavnagar, 3(7), 334–335. Matlin, M.W., (1989), Cognition, Second Edition, State University of New York. Nehlig, A., (2010), Is Caffeine a Cognitive Enhancer?, Journal of Alzheimer Disease 20: S85-S94. Nurmianto, E., (2001), Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya. Jakarta. Nurmianto, E., (2003), Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya. Jakarta. Oehlert, G.W., (2010), A First Course in Design and Analysis of Experiments, University of Minnesota. Ovens,M., (2008), Instrumentation for the REV Project an Electric Vehicle Conversion, Thesis School of Mechanical. The University of Western Australia. Pulat, B. M., (1997), Fundamental of Industrial Ergonomics, USA:Waveland Press inc. Sekaran, U., (1992), Research Methods For Business: A. Skill Building Approach, Second Edition, John Willey &. Sons, Inc., New York. Suharnan., (2005), Psikologi Kognitif, Srikandi.Surabaya. Sujiono,Y.N., Tampiomas, E., Syamslatin, E., dan Zainal, O.R., (2004), Metode Pengembangan Kognitif.,Jakarta: Universitas Terbuka. Sutalaksana, I.Z., (1979), Teknik Tata Cara Kerja, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, Bandung. Vahidi, A. dan Eskandarian, A., (2003), Research advances in intelligent collision avoidance and adaptive cruise control, IEEE transactions on intelligent transportation systems, 4(3), 143-153. Yakes, C.K., Morrow, J.J., Pillar, D.R., Squires, B.C., (2002), Control System and Method for Electric Vehicle.in_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5495
dc.description.abstractFaktor keamanan pada kendaraan merupakan aspek penting dalam menunjang keselamatan berkendara. Mengetahui sekaligus mengkontrol kondisi kendaraan merupakan hal utama dalam menunjang keselamatan sekaligus meminimalisir terjadinya kecelakaan. Kontrol kondisi kendaraan dengan melihat informasi yang ditunjukkan panel indikator dashboard. Sebagai contoh pada saat mengontrol kecepatan, penggunaan lampu hazard, deteksi kerusakan kendaraan, dan seterusnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah desain panel indikator yang dapat memudahkan pengemudi ketika melihat informasi yang ada pada display. Sehingga faktor keamanan dan keselamatan dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas atribut yang dapat meningkatkan kepuasan dalam menerima informasi pada panel indiktaor, mengetahui seberapa besar pengaruh tipe font, ukuran font, dan warna font terhadap kemudahan penerimaan informasi display yang diukur dengan waktu respon pengemudi, memberikan usulan desain panel indikator untuk mobil listrik dengan pendekatan display panel indikator kendaraan berbahan bakar bensin. yang memudahkan pengemudi dalam menerima informasi berdasar nilai waktu respon terkecil Usulan display instrument panel yang diteliti adalah dengan melakukan kombinasi warna font biru dengan nilai RGB (0,0,255) dan putih (255,255,255); ukuran font 24 dan 60 dan jenis font arial dan digital pada panel indikator selanjutnya melihat pengaruhnya terhadap waktu respon dalam menerima informasi pada 25 pengemudi selaku responden. Metode kajian yang digunakan adalah Kano dan desain eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya warna font yang mempengaruhi persepsi pengemudi. Display usulan yang menghasilkan waktu respon terbaik adalah perlakuan dengan display 2, artinya pengemudi lebih cepat menerima informasi pada display 2 dengan tipe font Arial, ukuran font 60 ,dan warna font putih dan dengan rata – rata waktu respon 1,21 detik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectmobil listrikin_ID
dc.subjectpanel indikatorin_ID
dc.subjectwaktu responin_ID
dc.titlePengaruh Tipe, Ukuran dan Warna Font Panel Indikator Mobil Listrik Terhadap Waktu Respon Pengemudiin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record