Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik
Abstract
Batik merupakan salah satu pakaian tradisional yang menjadi ciri khas dan kebanggaan bagi bangsa
Indonesia, dimana batik juga telah dikenal secara luas baik dalam skala nasional dan internasional.
Peluang dalam kegiatan bisnis penjualan batik yang meningkat beberapa waktu ini dilihat oleh
banyak pihak sebagai prospek yang menjanjikan. Penjualan batik secara umum di beberapa wilayah
di Indonesia masih dilakukan dengan cara yang sederhana dan klasik. Untuk dapat menjangkau lebih
banyak pelanggan serta memperluas area pemasaran sekaligus promosi batik, maka diperlukan
media yang dapat menunjang kegiatan promosi, transaksi penjualan dan informasi batik dengan
optimal. Salah satu media yang menjadi perhatian masyarakat sekarang ini adalah dengan
menggunakan media website online. E-Commerce merupakan salah satu kegiatan transaksi bisnis
baik barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan jaringan internet. CV
Selaras Batik menyadari bahwa peranan media website dapat digunakan untuk meningkatkan omset
penjualan dan juga sebagai media sarana dalam memasarkan produk batik yang mereka miliki untuk
menjangkau pasar yang lebih luas lagi serta dapat meminimalkan biaya-biaya operasional seperti
biaya iklan dan juga biaya sewa toko secara fisik. Penulisan paper ini bertujuan untuk menganalisa
pengaruh dari penggunaan media website online dalam hal ini adalah e-commerce dengan
menggunakan pendekatan B2C (Business-to-Customer) dalam upaya meningkatkan transaksi
penjualan batik pada CV Selaras Batik dan juga media penyampaian informasi baik pada para
pelanggan dan masyarakat umum dalam memperoleh informasi mengenai produk-produk batik yang
dipasarkan oleh CV Selaras Batik.