Show simple item record

dc.contributor.authorSlamet, Sri
dc.date.accessioned2015-03-30T07:00:17Z
dc.date.available2015-03-30T07:00:17Z
dc.date.issued2013-03
dc.identifier.isbn978-602-7561-35-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5502
dc.description.abstractMaksud diadakannya penelitian yang ditujukan kepada para mahasiswa ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Inggris, dan 2) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Inggris yang paling dominan. 3) Memperoleh gambaran secara keseluruhan tentang bentuk kesalahan penggunaan bahasa Inggris yang dilakukan mahasiswa dalam pengajaran micro teaching in English. Faedah dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) secara akademis, memberikan sumbangan terhadap kajian kebahasaan terutama tentang analisis kesalahan berbahasa sehingga memperkaya cakrawala pandang tentang esensi suatu bahasa, 2) secara praktis, bagi para pengajar, hasil penelitian ini bias digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi belajar mengajar. Sementara itu bagi pengambil kebijakan, hasil penelitian ini bias dijadikan wacana keilmuan sehingga bias sebagai pijakan dalam menentukan kurikulum yang dipakai di jurusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data dengan observasi, dokumentasi dan interview. Selanjutnya populasi penelitian adalah para mahasiswa semester enam PAUD, UMS tahun 2010/2011. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah bersifat snowball. Dalam teknik ini ada 5 kelas pada semester tersebut. Pada tiap-tiap kelas didata kesalahan-kesalahan yang muncul yang dilakukan oleh mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah berkenaan dengan analisis kesalahan yang menggunakan empat tahapan. Tahap tersebut adalah identifikasi, penjelasan, klasifikasi, dan evaluasi kesalahan. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa kesalahan jenis ommission merupakan kesalahan kedua terbanyak yang ditemukan yaitu sebanyak 35 kali. Kesalahan jenis misformation merupakan kesalahan pertama, paling sering, yang dialami oleh responden, yakni 48 kali. Selanjutnya jumlah total yang ditemukan pada addition ada 3 kesalahan. Untuk kesalahan misordering data yang ada hanya 1 saja. Kesalahan-kesalahan tersebut dibuat mahasiswa karena mereka menggunakan bahasa PADU, dimana para mahasiswa masih memadukan antara pola kalimat bahasa Inggris dan pola kalimat bahasa Indonesia.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectanalisis kesalahanin_ID
dc.subjectOmmissionin_ID
dc.subjectAdditionin_ID
dc.subjectMisformationin_ID
dc.subjectMisorderingin_ID
dc.titleKesalahan Penggunaan Finite dalam Kalimat Tanya Bahasa Inggris oleh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record