Penyisipan Pembelajaran Teks Sastra dalam Pembelajaran Teks Nonsatra dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan jenis teks sastra yang disisipkan dalam pembelajaran teks nonsastra pada buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMA, (2) mendeskripsikan cara penyisipan teks sastra dalam pembelajaran teks nonsastra dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa kata, frase, kalimat, paragraf dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, untuk kelas X. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa yang berjudul Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, untuk siswa kelas X diterbitkan oleh Kemendikbud edisi Revisi 2014. Penyediaan data dilakukan dengan membaca buku secara cermat, memilih data yang sesuai, dan mencatatnya dalam kartu-kartu data. Data-data tersebut divalidasi dengan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik heuristik dan hermeunitik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Jenis teks sastra yang disisipkan dalam pembelajaran teks nonsastra dalam buku ini adalah puisi, pantun, drama, dan cerpen; dan (2) cara penyisipan teks sastra dalam pembelajaran teks nonsastra adalah diintegrasikan dalam tahap-tahap pembelajaran berbasis teks, yaitu: tahap pembangunan konteks, tahap pemodelan, tahap kerjasama membangun teks, dan tahap kerja mandiri membangun teks.