Model Edukasi Kewirausahaan Berbasis Potensi Pasar Lokal: Kasus di Lingkungan PTN dan PTS di Solo
Abstract
Sinergi antara peran dunia pendidikan tinggi dan kewirausahaan sangatlah penting
terutama untuk mereduksi adanya gap antara kuantitas dan kualitas sarjana yang mencari
kerja dan yang menciptakan lapangan kerja. Penelitian ini berusaha untuk membangun
model edukasi kewirausahaan berbasis potensi pasar lokal. Hal ini sangatlah penting karena
potensi pasar lokal lebih membuka peluang dalam pengembangan kewirausahaan, terutama
yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana
model untuk edukasi kewirausahaan yang terbaik bagi mahasiswa, terutama mengacu pada
potensi pasar lokal. Teknik analisis pada tahun pertama adalah dengan pendekatan kualitatif
mengacu pemetaan hasil berbagai riset empiris terkait kewirausahaan untuk membangun
hipotesis dan model awal, sedangkan untuk tahun kedua yaitu dengan pendekatan kualitatif
melalui diseminasi – FGD untuk verifikasi model dan pendekatan kuantitatif dengan uji
model.
Hasil pemetaan menunjukan bahwa riset tentang kewirausahaan dilakukan dengan
berbagai model pendekatan dengan mengacu setting amatan yang berbeda, kasus di negara
yang berbeda dan keragaman variabel, juga alat analisis. Tahun amatan dari hasil pemetaan
yaitu periode 2004-2010 dari publikasi di emerald, negara amatan untuk kasus riset empiris
tentang kewirausahaan di negara maju dan negara berkembang, model pendekatan adalah
kualitatif dan kuantitatif sedangkan untuk alat analisis dilakukan dengan dua cara yaitu alat
analisis mengacu statistik dan alat analisis hasil interview dengan keyperson. Alat analisis
dengan statistik dibedakan menjadi dua yaitu dengan SEM dan regresi sederhana. Temuan
ini menunjukan bahwa keberagaman riset tentang kewirausahaan menjadi bagian penting
dalam memahami fluktuasi perkembangan kewirausahaan sehingga memperkaya temuan
hasil dan generalisasinya.