Model Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama Melalui Apresiasi Biografi Tokoh
View/ Open
Date
2013-12Author
Sufanti, Main
Sabardila, Atiqa
Rahmawati, Fitri Puji
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini secara keseluruhan direncanakan dalam waktu tiga tahun
berturut-turut. Tahun pertama dilaksanakan tahun 2013. Kegiatan pada tahun I adalah
menggali persepsi dan pemahaman siswa SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Surakarta
terhadap toleransi kehidupan beragama dan radikalisme. Di samping itu, pada tahun I
juga digali persepsi siswa tersebut mengenai penanaman nilai toleransi kehidupan
beragama di SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Surakarta, penerapan prinsip-prinsip nilai
toleransi dalam kehidupan beragama oleh siswa tersebut. Penelitian pada tahun
pertama ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan penerapan nilai
toleransi kehidupan beragama di kalangan siswa. Tujuan ini dirinci:
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data data yang berupa informasi
tentang persepsi siswa siswa tentang toleransi kehidupan Bergama dan radikalisme,
penanaman nilai-nilai toleransi, dan penerapan prinsip-prinsip toleransi digali dengan
wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1
Surakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, berjumlah 97 siswa. Teknik
validasi data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Data dianalisis dengan
teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini dipaparkan sebagai berikut. menyatakan: menghargai agama orang lain. Persepsi ini sama dengan yang tercantum
dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pemahaman agama, faktor ekonomi, fanatisme, pemaksaan kehendak, dan hancurnya
pendidikan.