Profitabilitas dan Efisiensi Usahatani Bawang Merah
Abstract
The purpose of this research is to determine and analyze the profitability and performance of onion
farming marketing margins; analyze and know the parts of prices received by farmers and analyze
the efficiency of onion farming in the district of Brebes. Samples taken in this study is 30 onion
farmers in the district of Brebes, who settled in six villages, each village was taken 5 farmers as the
research sample. These results indicate that the location of onion farming research does not provide
benefits significantly to the household economy of farmers. Higher selling prices at the retail level
and supermarkets do not have a significant impact on the level of profits of farming in the study
area. Farming is done by farmers in the study area is inefficient. Onion marketing chain in the
study area is relatively long, which consists of 4 lines of marketing.
Tujuan penelitian ini menentukan dan menganalisis profitabilitas dan kinerja margin pemasaran
pertanian bawang; menganalisis dan mengetahui bagian dari harga yang diterima oleh petani/
saham petani) dan menganalisis efisiensi pertanian bawang di Kabupaten Brebes. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah 30 petani bawang di Kabupaten Brebes, yang menetap di enam
(6) desa, setiap desa diambil 5 petani sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa lokasi penelitian pertanian bawang tidak memberikan manfaat signifikan (menguntungkan)
terhadap ekonomi rumah tangga petani. Harga jual yang lebih tinggi di tingkat eceran dan
supermarket tidak memiliki dampak yang signifikan pada tingkat keuntungan pertanian di daerah
studi. Pertanian bawang yang dilakukan oleh petani dalam wilayah penelitian, tidak efisien.
Jaringan pemasaran bawang di daerah penelitian relatif lama, yang terdiri dari 4 jalur pemasaran.