Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) PT. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap
Abstract
Pendekatan terbaru yang berkembang dalam mengkaji kehidupan perusahaan adalah bahwa
perusahaan pada saat ini tidak hanya berorientasi pada pencarian keuntungan (profit) semata, akan
tetapi mulai berpikir bagaimana perusahaan berkontribusi terhadap keseimbangan alam (planet) dan
kesejahteraan masyarakat (people). PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant adalah perusahaan yang
bergerak dalam produksi semen yang mempunyai kecenderungan memberikan polusi udara dan
suara yang dapat merugikan masyarakat sekitar perusahaan. Dengan metode kualitatif penelitian
ini bermaksud untuk mencari bagaimanakah implementasi strategi pengelolaan CSR dengan
program Posdaya yang telah dilakukan oleh PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant dalam rangka
memberdayakan masyarakat yang berada disekitar perusahaan tersebut. Metode pengumpulan
data berupa FGD dan dokumentasi yang selanjutnya akan diolah dengan analisis interaktif Miles
dan Huberman. Sedangkan untuk validitas penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi
sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Holcim berkonsentrasi pada pemberdayaan
masyarakat berbasis 4 pilar, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Untuk tahapan
dalam pelaksanaan Posdaya dilakukan dengan 2 tahapan, yakni analisa kebutuhan dan dilanjutkan
sosialisasi kepada masyarakat yang akan menjadi subjek pelaksana Posdaya. Dalam melaksanakan
kegiatan Posdaya tersebut dijalankan dengan kegiatan CSR, serta menjalin hubungan dengan
komunitas, pemerintah dan LSM, berpusat pada community relation department. PT Holcim.