Show simple item record

dc.contributor.authorHw, Slamet
dc.date.accessioned2012-03-19T06:38:37Z
dc.date.available2012-03-19T06:38:37Z
dc.date.issued2011-07
dc.identifier.citationGarfield, J. 2006. Exploring the Impact of Lesson Study on Developing Effective Statistics Curriculum. (Online): diambil tanggal 19-6-2006 dari: www.stat.auckland.ac.nz/-iase/publication/-11/Garfield.doc Lewis, Catherine C. 2002. Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. Tjipto Subadi, 2009. Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study. Laporan Hasil Penelitian. UMS Surakarta Slamet Hw, 2010. Pengembangan Materi dan Model PMR Berkonteks Lokal Untuk Mendukung Penerapan KTSP. Laporan Hasil Penelitian. UMS Surakartaen_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/594
dc.description.abstractMatematika dengan sifatnya yang abstrak sering tidak dapat dipelajari dengan mudah oleh hampir semua peserta didik baik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi kecuali bagi mereka yang benar-benar menekuni. Berbagai upaya guru untuk menanamkan konsep dengan mudah kepada peserta didik sejak dini selalu dilakukan namun hambatan-hambatan hampir selalu terjadi, dalam arti hasil belajar siswa tidak seperti yang diharapkan. Menurunnya nilai-nilai dalam bermasyakat dan bernegara yang dirasakan akhir-akhir ini menambah daftar panjang keprihatinan guru untuk ikut membenahi moral dan karakter bangsa, padahal didalam matematika penuh dengan nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, rasa tanggung jawab, berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian tentang implementasi Lesson Study yang dilaksanakan melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah Dasar menunjukkan adanya peningkatan kompetensi profesional guru utamanya dalam hal: (1) pembuatan RPP, (2) pengembangan materi ajar, (3) pemilihan strategi pembelajaran, dan (4) pemilihan media dan sumber belajar. Selain itu implementasi Lesson Study mampu merubah paradigma pembelajaran bagi guru dari pendekatan yang bersifat mekanistik ke pendekatan yang realistik. Adapun hasil muan ikutan yang perlu ditindaklanjuti sebagai penelitian pengembangan (developmental research) adalah bahwa operasi dasar bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) bagi siswa Sekolah Dasar lebih mudah difahami dengan metode horisontal daripada metode vertikal. Lebih dari itu ternyata konsep perkalian dua bilangan bulat (dengan tanda yang sama atau berbeda) dapat dipakai untuk menanamkan nilai-nilai sebagai salah satu wahana pendidikan karakter dan mencerdaskan.en_US
dc.publisherMUPen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectmetode vertikalen_US
dc.subjectmetode horisontalen_US
dc.subjectmencerdaskanen_US
dc.titleOPERASI DASAR BILANGAN BULAT WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER DAN MENCERDASKAN (TEMUAN DARI IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record