Implementasi Pembelajaran berkarakter pada Matapelajaran Bahasa indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta: Kendala dan Solusinya
dc.contributor.author | Rahmawati, Fitri Puji | |
dc.date.accessioned | 2015-05-27T01:22:54Z | |
dc.date.available | 2015-05-27T01:22:54Z | |
dc.date.issued | 2014-05-03 | |
dc.identifier.citation | Moleong, Lexy.J. 1990. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: P.T. Bumi Aksara. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Uno, Hamzah B. dan Nurdin Muhammad. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik (PAILKEM). Jakarta: P.T. Bumi Aksara. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-7047-10-5 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6025 | |
dc.description.abstract | Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang cenderung menggunakan pendekatan monolitik dan bersifat top down. Guru hanya menekankan pada pembahasan apa yang ada dalam buku teks, tanpa dikaitkan dengan apa yang ada dan relevan di lingkungan sekolah maupun lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pembelajaran berkarakter pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapannya. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi langsung berperan pasif, wawancara mendalam, dan memberikan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berkarakter pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 10 Surakarta, perencanaan pembelajaran telah tersedia silabus dan RPP, pelaksanaan pembelajaran telah sesuai RPP namun kurang ada variasi dalam penerapan metode, dan pada evaluasi pembelajaran guru telah menyusun rubrik dan format penilaian dalam RPP. Kendala-kendala yang dihadapi, antara lain: kendala dari sekolah, guru, dan siswa. Kendala ini dapat diselesaikan dengan memperbanyak variasi metode dan media pembelajaran, guru mengikuti penataran, pelatihan, dan sejenisnya untuk memperkaya metode pembelajaran, serta memotivasi siswa untuk belajar bahasa Indonesia sehingga bisa mencintai dan menghargainya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pembelajaran | in_ID |
dc.subject | berkarakter | in_ID |
dc.subject | bahasa Indonesia | in_ID |
dc.title | Implementasi Pembelajaran berkarakter pada Matapelajaran Bahasa indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta: Kendala dan Solusinya | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014
The Unlimited Growth of Motivation for Teacher