Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Tofiq
dc.date.accessioned2012-03-20T07:49:54Z
dc.date.available2012-03-20T07:49:54Z
dc.date.issued2011-07
dc.identifier.citationSyodih Sukmadinata, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung PT.Remaja Rosdakarya Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/06/nilai-nilai-dasar-pendidikan-karakter-bangsa Dinas Pendidikan dan Olah Raga kota Surakarta. 2010. Acuan Perintis Pelaksana Pendidikan Berkarakter. Surakarta : DISPORA kota Surakartaen_US
dc.identifier.isbn978-979-636-131-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/606
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 4 Surakarat yang mencerminkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter; mengidentifikasi perubahan sikap siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Data dalam penelitian ini dianalisis secara narasi deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian metode pembelajaran matematika yang di terapakan di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta menggunakan metode pembelajaran yang berfariasi antralian ceramah, diskusi, tutor sebaya, driil soal, dan tanya jawab, hal ini dilakukan dengan melihat kondisi siswa yang akan diberlakukan metode tersebut. Disamping itu guru menerapkan nilai yang menjadikan dasar karakter yang tercermin dalam kegiatan pembelajaran matematika nilai utama yang diterapkan antara lain ketaqwaan, kedisiplinan, toleransi, tanggung jawab, kerja keras, sportif, kreatif dan mandiri. Pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan nilai-nilai dasar karakter bangsa dapat mengubah sikap siswa dalam kehidupan keseharian yang lebih mudah untuk dikendalikan dan berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan hasil tes yang secara singnifikan naik dan nilai ujian nasional dengan mencapai nilai tertinggi matematika 100 dan nilai rata-rata ujian nasional matematika 8,36, tergolong dalam klasifikasi A.en_US
dc.publisherMUPen_US
dc.titleIMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record