PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) sebagai Media Pembelajaran Ramah Lingkungan
Date
2015-05-10Author
Laili, Alfiah Fitri Nur
Ermawati, Reny Tri
Janah, Nugraheni Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) bertujuan untuk mengetahui: (1) cara membuat matematika Hit Mat menjadi puzzle yang ramah lingkungan, (2) respon siswa terhadap PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) sebagai media pembelajaran di MI Muhammadiyah Gonilan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA MI Muhammadiyah Gonilan tahun pelajaran 2014/2015. Sample yang diambil berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) tanggapan siswa terhadap PAMIT dalam materi bangun ruang sebesar 78% sangat menarik 22% menarik 0% kurang menarik dan 0% tidak menarik, (2) respon siswa mengenai kemudahan dalam menerima materi bangun ruang dengan PAMIT sebesar 11% sangat mudah 78% mudah 0% kurang mudah dan 11% tidak mudah atau sukar, (3) respon siswa saat bermain PAMIT sebesar 61% sangat menyenangkan 39% menyenangkan 0% kurang menyenangkan dan 0% tidak menyenangkan.