Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar
siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sawit melalui penerapan pendekatan saintifik yang terintegrasi
pada model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan
kelas. Siswa kelas VIIIC sebagai penerima tindakan dan guru matematika sebagai pemberi
tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan adanya
peningkatan kemampuan komunikasi dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa menjelaskan ide/
gagasan secara lisan atau tulisan dari 25% meningkat menjadi 78,57%, 2) kemampuan siswa
menyatakan suatu situasi, gambar, diagram, atau benda nyata ke dalam bahasa, simbol, ide, atau
model matematika dan atau sebaliknya dari 25% meningkat menjadi 82,18%, 3) kemampuan
siswa mendengarkan dan berdiskusi tentang matematika dari 25% meningkat menjadi 82,18 %.
Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari 1) antusias siswa mengikuti
pembelajaran dari 21,43% meningkat menjadi 85,71%, 2) siswa yang mengerjakan pekerjaan
rumah atau tugas dari guru dari 28,57% meningkat menjadi 89,28%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery
learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan
motivasi belajar.