Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kesulitan siswa pada aspek bahasa,
prasyarat, terapan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis
penelitian berdasarkan pendekatan kualitatif dengan design etnografi. Waktu
penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian
guru dan siswa SMP Negeri 1 Colomadu. Teknik pengumpulan data
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan metode tiga alur.
Hasil penelitian menyatakan (1) kesulitan aspek bahasa yaitu beberapa siswa
membaca soal kurang tepat sehingga terjadi kesalahan penafsiran, sulit
memahami bahasa yang kurang familiar, kesulitan mengidentifikasi maksud
soal, dan kesulitan dalam menceritakan kembali dengan bahasa sendiri; (2)
kesulitan aspek prasyarat yaitu siswa tidak dapat menuliskan/mengidentifikasi
apa yang diketahui dan dicari, ketidakmampuan siswa dalam
mentransformasikan kalimat ke dalam model matematika, dan kurangnya
penguasaan konsep yang diterapkan, sehingga siswa sulit menentukan
rumus/strategi yang digunakan; (3)kesulitan aspek terapan yaitu siswa tidak
dapat menggunakan rumus dengan tepat atau terjadi kesalahan
mensubtitusikan apa yang diketahui pada rumus; kurangnya pemahaman
materi prasyarat yang berakibat pada rendahnya ketelitian siswa.