Analisis Deskriptif Soal-Soal dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Ditinjau dari Domain Kognitif TIMSS 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbandingan
soal-soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari
domain kognitif. Domain kognitif dikategorikan menjadi tiga, yaitu knowing,
applying, dan reasoning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis soal pada buku
Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan soal pada BSE. Analisis domain kognitif
disajikan dalam bentuk tabel kemudian dibuat dalam bentuk diagram dan
dikomparasikan sehingga diperoleh simpulan. Hasil analisis menunjukkan
bahwa: (1) soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) ditinjau dari domain
kognitif dominan pada applying sebesar 41.01%; (2) soal pada BSE ditinjau
dari domain kognitif dominan pada knowing sebesar 52.50%; (3) perbandingan
antara buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari domain
kognitif menunjukkan knowing lebih dilatihkan pada BSE, sedangkan applying
dan reasoning lebih dilatihkan pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi).