Pola Pikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Gaya Belajar Reflectors
View/ Open
Date
2015-05-10Author
Kartikasari, Merisa
Khotimah, Rita Pramujiyanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir mahasiswa dalam
menyelesaikan permasalahan persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif
Field Dependent (FD)dan gaya belajarReflectors. Jenis penelitian adalah
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas VE Pendidikan
Matematika FKIP UMS. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara
mendalam, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah
model analisis Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan triangulasi
metodologis dengan menggabungkan metode dokumentasi, observasi, dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pikir mahasiswa kelas VE
Pendidikan Matematika FKIP UMS dalam menyelesaikan permasalahan
persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif FD dan gaya belajar
Reflectorsmenunjukkan bahwa mahasiswa memperoleh informasi dengan cara
membaca lalu memusatkan perhatian dengan menuliskan informasi dalam soal.
Pada perencanaan masalah, mahasiswa melakukan penalaran analogis dari soal
lesson study ke soal tes pemecahan masalah serta melaksanakan rencana sesuai
interpretasi dan persepsi awal mereka. Pada langkah memeriksa kembali jawaban,
mahasiswa tidak memeriksa jawaban secara tertulis.