Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa
melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah dosen dan
mahasiswa semester I A Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS yang
berjumlah 39 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode
wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Valididas data menggunakan Source Triangulation
(Triangulasi Sumber) dan Technic Triangulation (Triangulasi Teknik). Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut : (1) aktivitas
mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan sebanyak 8 mahasiswa (20,51%),
setelah tindakan menjadi 24 mahasiswa (61,53%); (2) aktivitas mahasiswa dalam
menjawab pertanyaan sebanyak 14 mahasiswa (35,90%), setelah tindakan menjadi
27 mahasiswa (69,23%); (3) aktivitas mahasiswa dalam mengemukakan pendapat
sebanyak 13 mahasiswa (33,3%), setelah tindakan menjadi 23 mahasiswa
(58,97%); (4) aktivitas mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas
sebanyak 5 mahasiswa (12,82%), setelah tindakan menjadi 22 mahasiswa
(56,41%); (5) hasil belajar mahasiswa, yang ditandai dengan nilai ulangan harian
≥ 65 sebanyak 14 mahasiswa (35,90%), setelah tindakan menjadi 34 mahasiswa
(87,17%). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester I A Program
Studi Pendidikan Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun ajaran 2014/2015.