HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PAPARAN MEDIA IKLAN DAN PERSEPSI DENGAN TINGKAT PERILAKU MEROKOK SISWA SMK
View/ Open
Date
2015-06-11Author
Nurmayunita, Dwi
Astuti, Dwi
Werdani, Kusuma Estu
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengetahuan tentang perilaku merokok dalam kategori baik namun tingkat perilaku merokok
siswa masih tinggi, dan siswa yang sering melihat iklan rokok justru dengan kategori tingkat
perilaku merokok ringan sedangkan siswa dengan persepsi positif juga memiliki tingkat
perilaku merokok ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
pengetahuan, paparan media iklan dan persepsi dengan tingkat perilaku merokok siswa SMK
Kasatrian Solo Kartasura Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan
pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII
jurusan Teknik Otomotif yang merokok sebanyak 121 orang. Sampel diperoleh sebanyak 55
orang yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik uji statistik
menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara
pengetahuan (p=0,335) dengan tingkat perilaku merokok siswa tetapi ada hubungan yang
signifikan antara paparan media iklan (p=0,017) dan persepsi (p=0,21) dengan tingkat perilaku
merokok siswa SMK Kasatrian Solo Kartasura Sukoharjo.