Rancangan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Gamma Feedback Learning Model (GFLM)
dc.contributor.author | Purbohadi, Dwijoko | |
dc.date.accessioned | 2015-10-31T06:38:47Z | |
dc.date.available | 2015-10-31T06:38:47Z | |
dc.date.issued | 2015-07-30 | |
dc.identifier.citation | Bloom, B.S., 1984, The 2 Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as One-to-One Tutoring, Educational Researcher, Vol. 13, No. 6, hal. 4-16 Coe, R., 2002, What effect size is and why it is important, British Educational Research Association annual conference, Exeter, UK D. Hartono dan Mudjiono, 2003, Belajar dan Pembelajaran, Cetakan kedua, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, PT. Rineka Cipta, Jakarta. D. Purbohadi, L Nugroho, I Santosa, A Kumara, 2013, Gama Feedback Learning Model: Basic Concept and Design, Journal of e-Learning and Knowledge Society, Vol. 9 No. 3, pp. 67-77 D. Purbohadi, 2014, E-Learning Model for Mastery Learning Based on Gama Feedback Learning Model, Advanced Science Letters, Vol. 20. No. 10/11/12, pp. 2087-2091. Jardine, D., Clifford P., & Friesen, S. 2008. Back to the basics of teaching and learning: Thinking the world together. Routledge Press, 2nd edition. Hattie, J., 2012, Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning, The main idea, http://www.themainidea.net, di akes pada tanggal 7 Maret 2013 Lie, Y.-H., Waxman, H., Wu, J.-Y., Michko, G., dan Lin, G., 2013, Revisit the Effect of Teaching and Learning with Technology, Educational Technology & Society, Vol. 16 No.1, pp. 133–146. Misra, P., and Kereluik, K., 2011, What 21 st Century Learning? A review and a synthesis, SITE Conference Tim Pengembang PJJ, 2011, Panduan Penyelenggaraan Model Pembelajaran Jarak Jauh di Perguruang Tinggi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, DIKTI. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2339-028X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6234 | |
dc.description.abstract | Saat ini model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) semakin popular, namun pada umumnya, model ini menggunakan model pembelajaran yang tergantung sarana online yang dirancang dengan pendekatan ilmu psikologi. Minimnya interaksi langsung antara mahasiswa dengan dosen menyebabkan pendekatan psikologi dinilai kurang optimal. Paper ini memaparkan rancangan pembelajaran dengan GFLM, yaitu sebuah pendekatan pengendalian pada ilmu teknik untuk membawa setiap mahasiswa pada pembelajaran online mencapai ketuntasan. Pendekatan keteknikan diperlukan karena penerapan prinsip ketuntasan belajar pada e-learning, saat ini, memiliki effect size kurang dari 0.41 atau berpengaruh rendah. Rendahnya effect size ini salah satunya disebabkan sejak sekolah dasar mahasiswa sudah terbiasa dengan model tatap muka. Di sisi yang lain, penggunaan multimedia sangat berpengaruh pada perilaku belajar mahasiswa kondisi inilah yang dapat dioptimalkan untuk model jarak jauh. Model pembelajaran pada paper ini mengadaptasi konsep pengendalian umpan balik pada sistem keteknikan yang biasanya digunakan untuk pengendalian mesin. Adaptasi ini diperlukan untuk membentuk pengendalian proses belajar online yang terus menerus agar setiap mahasiswa bersedia mencapai ketuntasan dengan bantuan fasilitas e-learning dengan cara yang sebaik-baiknya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | ketuntasan | in_ID |
dc.subject | GFLM | in_ID |
dc.subject | PJJ | in_ID |
dc.subject | perbaikan terus-menerus | in_ID |
dc.title | Rancangan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Gamma Feedback Learning Model (GFLM) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |