Show simple item record

dc.contributor.authorSunarjono, Sri
dc.contributor.authorSutanto, Muslich Hartadi
dc.contributor.authorAstuti, Widyorini Windi
dc.date.accessioned2015-11-02T02:25:20Z
dc.date.available2015-11-02T02:25:20Z
dc.date.issued2015-07-30
dc.identifier.citationDahlan, A.T. et al, 1997. Improved Design Procedure of hot mix asphalt. Overseas Center, Transport Research Laboratory, Crowthorne, Berkshire RG 45 6AU, United Kingdom in association with PT Yodya Karya, Indonesia. Paper presented at 2nd Conference of Eastern Asia Society for Transportation Studies, Seoul, Korea, 29-31 October 1997. Herman,S. 2004. Pengaruh Daur Ulang Bahan Bongkaran Aspal Terhadap Sifat - Sifat Fisik Beton Aspal (Studi Kasus Di Jalan Gajahmada Tegal), Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang. Sunarjono, S., Renaningsih, Purnomo, W., Giri, D., K. 2012. Characteristics Of Reclaimed Asphalt Pavement As A Road Preservation Recycling Material, Jurnal terakreditasi: Dinamika Teknik Sipil, No 3 Vol 12 ISSN ISSN: 1411-8904, September 2012, Jurusan Teknik Sipil UMS. Widiyanto, A. 2013. Pemanfaatan Material Tempatan Untuk Bahan Jalan Sebagai Upaya Efisiensi Dan Penerapan Green Construction Pada Pembangunan Jalan. Bahan presentasi Workshop Penerapan Green Road Technology di Indonesia, 25 September 2013, UMS Surakarta.in_ID
dc.identifier.issn2339-028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6249
dc.description.abstractBahan RAP adalah hasil bongkaran lapis perkerasan jalan beraspal dengan ukuran partikel menyerupai agregat untuk bahan jalan. Bahan RAP tersebut dapat diolah kembali dengan sistem pencampuran dingin menjadi lapis perkerasan baru. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk program rehabilitasi jalan Pantura. Hal ini dikarenakan lapis perkerasan beraspal jalan Pantura sudah sangat tebal namun kekuatan strukturalnya sangat rendah. Teknologi daur ulang perkerasan jalan menjadi salah satu solusi terbaik mengatasi kerusakan jalan Pantura yang bersifat masif dan tahunan. Dalam teknologi ini, sifat bahan RAP sangat menentukan kualitas hasil pekerjaan. Paper ini melaporkan hasil riset yang bertujuan untuk melakukan investigasi terhadap karakteristik bahan RAP yang diambil dari ruas Jalan Pantura sekitar wilayah Tegal. Metode yang digunakan adalah sampel bahan RAP dibawa ke laboratorium untuk diselidiki sifat-sifatnya berdasarkan uji identitas, uji fisik, uji kepadatan, dan uji CBR (California Bearing Ratio). Hasil penelitian memberi petunjuk bahwa karakteristik bahan RAP ruas jalan Pantura Jawa sebagai berikut: (1) Komponen aspal dalam bahan RAP dominan terdistribusi pada fraksi halus sehingga hal ini mempengaruhi sifat fisik bahan RAP; (2) Gradasi bahan RAP memegang kunci nilai kepadatan dan daya dukung bahan RAP; dan (3) Bahan tambah kapur sangat berperan meningkatkan daya dukung bahan RAP pada kondisi terendam air (soaked).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectReclaimed Asphalt Pavement (RAP)in_ID
dc.subjectperkerasan jalanin_ID
dc.subjectPanturain_ID
dc.subjectkepadatanin_ID
dc.subjectCBRin_ID
dc.titleKarakteristik Bahan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) Ruas Jalan Pantura Jawain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record