Peningkatan Kinerja Perusahaan Kemasan Plastik Dengan Pendekatan Metode Performance Prism dan Objective Matrix
Date
2015-07-30Author
Prastika, Vita Rias
Mubin, Ahmad
Dewi, Shanty Kusuma
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan sangat membutuhkan sistem pengukuran kinerja yang dapat digunakan sebagai tool dalam melakukan pengukuran dan peningkatan kinerja perusahaan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian yaitu melakukan identifikasi stakeholder satisfaction dan stakeholder contribution, merancang sistem pengukuran kinerja perusahaan kemasan plastik dengan metode Performance Prism, mengukur dan mengevaluasi kinerja menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System (TLS). Hasil identifikasi stakeholder sesuai dengan kondisi perusahaan PT. X meliputi: investor, customer, supplier, employee, dan community. Hasil perancangan sistem pengukuran kinerja pada PT. X diperoleh 30 KPI (Key Performance Indicator) meliputi 6 KPI pada perspektif Investor, 6 KPI pada perspektif Customer, 6 KPI pada perspektif Supplier, 7 KPI pada perspektif Employee, dan 5 KPI pada perspektif Community. Berdasarkan hasil pengukuran dan evaluasi kinerja menggunakan OMAX dan TLS diperoleh nilai kinerja perusahaan sebesar 5,78 kategori warna kuning yang berarti bahwa kinerja PT. X sudah dikatakan baik dan telah mendekati target namun masih diperlukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan.