Konsistensi Persepsi Pengembangan Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN
Abstract
Tulisan ini merupakan bagian dari proses pemikiran adanya fakta pemakaian bahasa Indonesia di masyarakat dan persepsi pemahaman para konseptor teoritik kebahasaan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tampak belum adanya konsistensi. Hal itu, tampak pada persepsi teoritik dan implementasinya sebagai bagian dari materi ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada era MEA ini.. Oleh sebab itu, tujuan yang ingin dicapai ada tiga. 1. Mengidentifikasi pesepsi teoritik kebahasaan dan implementasinya dalam pemilihan materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia pada era MEA ini. 2. Mendeskripsikan problematika pemakaian bahasa Indonesia secara formal pada era MEA. 3. Mendeskripsikan pola pengembangan materi ajar sebagai upaya menuju arah konsistensi persepsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada MEA. Hasilnya ada tiga hal. 1. Masih terdapat perbedaan persepsi teoritik pemilihan materi ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada era MEA ini. 2. Ada beberapa problem dalam berbahasa Indonesiaa secara formal, baik tulis maupun tutur pada era MEA ini. 3. Terdapat pola pemikiran perlunya pengembangan materi ajar dengan beberapa langkah pada era MEA.