Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Biografi Tokoh Bermuatan Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama
View/ Open
Date
2015-12-19Author
Sufanti, Main
Rahmawati, Fitri Puji
Markhamah
Fatimah, Nuraini
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memaparkan kriteria biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi kehidupan beragama dan memaparkan proses penyusunan bahan ajar apresiasi biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi kehidupan beragama. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Datanya berupa wacana dalam biografi tokoh, informasi dari teman sejawat, dan pakar pembelajaran. Sumber data berupa biografi tokoh dan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan yang cermat terhadap biografi tokoh, focus Group discussion, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kritis. Hasil analisis disajikan dengan uraian formal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan hasil angket, ditemukan 44 kriteria biografi tokoh yang dapat dijadikan bahan ajar pendidikan toleransi kehidupan beragama yang dapat diklasifikasikan menjadi kriteria berdasarkan tokoh dan bentuk biografi. Kriteria berdasarkan tokoh dapat ditinjau dari: karakter, eksistensi, religiusitas, jasa/karya, dan bidang keahlian tokoh. Kriteria berdasarkan bentuk biografi meliputi: isi biografi, bahasa, jenis biografi, dan asal biografi. (2) Proses penyusunan bahan ajar apresiasi biografi tokoh yang bermauatan pendidikan toleransi beragama meliputi langkah-langkah: (a) menentukan biografi tokoh, (b) menentukan kompetensi dasar yang sesuai, (c) menyusun materi ajar, (d) menyusun LKS, (e) memberi ilustrasi, (f) menyunting, (g) validasi teman sejawat, dan (h) validasi ahli.