dc.contributor.author | Nurgubitasari, Alif Indah | |
dc.contributor.author | Sukma, Hanum Hanifa | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T01:46:29Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T01:46:29Z | |
dc.date.issued | 2015-12-15 | |
dc.identifier.citation | Ismawati, Esti & Faraz Umaya. 2012. Belajar Berbahasa Indonesia Di Kelas Awal. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-1, Cet. ke-6. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta. Nurjamal, Daeng, dkk. 2014. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta. Oradee Thanyalak (2012). Developing Speaking Skills Using Three Communicative Activities (Discussion, Problem-Solving, and Role-Playing). International Journal of social and Humanity. Vol 2. No 6. Hal 533-535. Prayitno, Harun Joko. 2009. Berlatih Mengarang dengan Metode URW Mengembangkan Imajinasi Anak Sekolah Dasar. Surakarta: FKIP UMS. Saifudin, M. Fakhrur. 2015. “Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Dengan Teknik UraiRuangWaktu (Urw) Di Kelas III Sekolah Dasar”. Laporan Penelitian. Yogyakarta: LPP UAD. Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa. Zulele. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477-363X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6365 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara dengan teknik URW pada siswa kelas alah di Sekolah Dasar. Penelitian ini memaparkan teknik penilaian keterampilan berbicara dengan menggunakan teknik URW di kelas awal (kelas III) Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini adalah tindakan-tindakan dan dokumen tentang proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi,. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, sajian data, dan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa teknik RW dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran berbicara di kelas awal. Teknik penilaian pembelajaran URW dengan mengacu pada penilaian autentik dengan mempertimbangkan aspek kognitif, sikap, dan keterampilan | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pembelajaran | in_ID |
dc.subject | penilaian | in_ID |
dc.subject | teknik URW | in_ID |
dc.title | Optimalisasi Keterampilan Berbicara Dengan Teknik URW pada Siswa Kelas Awal di sekolah Dasar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |