Pengaruh Menyimak Cerita terhadap Kemampuan Bercerita Fiksi pada Anak
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah menyimak cerita dapat memengaruhi kemampuan anak bercerita fiksi 2) mengetahui bagaimana proses menyimak mampu memengaruhi kemampuan anak dalam bercerita fiksi. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok bermain B rentang umur 3 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Zaid bin Tsabit, Kabupaten Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) menyimak cerita dapat memengaruhi kemampuan anak dalam bercerita fiksi dan 2) proses menyimak cerita yang dilakukan oleh anak mampu meningkatkan daya imajinasi sehingga anak mampu berpikir kreatif dan mampu bercerita fiksi dengan jelas.