dc.description.abstract | Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bahan ajar bahasa
Inggris untuk SD yang berbasis pada potensi daerah kota Surakarta sebagai kota Pariwisata.
Adapun, tujuan khusus pada tahun pertama dari program penelitian ini adalah untuk
menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang berbasis pada potensi daerah kota
Surakarta sebagai kota Pariwisata, menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang
sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Kota Surakarta, dan menghasilkan bahan ajar
bahasa Inggris untuk SD yang mempunyai tingkat kesulitan sesuai dengan perkembangan
siswa. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kota Surakarta. Adapun strategi yang digunakan
adalah studi kasus tunggal. Sumber datanya adalah informan, tempat dan peristiwa, serta
arsip dan dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi langsung berperan pasif, wawancara
mendalam, sifatnya terbuka dan tidak formal, mencatat arsip dan dokumen, serta memberikan
kuesioner (angket terbuka). Penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis
menunjukkan sebagai berikut: (1) Model bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang sesuai
dengan potensi daerah kota Surakarta sebagai kota pariwisata akan digunakan sebagai
acuan bagi pembelajarannya bahasa Inggris untuk SD di Kota Surakarta. Materi pelajaran
bahasa Inggris SD harus disesuaikan dengan misi kota Surakarta sebagai kota pariwisata
agar dapat membantu pula pemerintah kota dalam mewujudkan cita-citanya dalam mewujudkan
misinya sebagai kota pariwisata dan budaya. Materi dalam bahan ajar bahasa Inggris
untuk SD harus memberikan gambaran, reklomendasi atau anjuran kepada semua siswa
dan guru pengajarnya tentang kepariwisataan di Kota Surakarta. (2) Kurikulum merupakan
rencana pendidikan atau pengajaran, suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan
dalam proses kegiatan belajar mengajar, termasuk isi atau materi pelajaran beserta metode
atau cara yang digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Penyusunan
dan pengembangan bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum dan memperhatikan asas
filosofis, asas psikologis, dan asas sosiologis. (3) Materi dalam bahan ajar bahasa Inggris
harus sesuai dengan perkembangan siswa dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar bahasa
Inggris uraiannya harus luas dan tidak menyulitkan siswa. Bahan ajar bahasa Inggris yang
sesuai dengan tingkat perkembangannya akan membawa manfaat sangat besar bagi siswa.
Penyusunan bahan ajar bahasa Inggris SD harus menggunakan kalimat yang lebih sederhana,
singkat, uraian lebih jelas. | en_US |