dc.contributor.author | Huda, Miftakhul | |
dc.contributor.author | Hasjim, Nafron | |
dc.contributor.author | Sunanda, Adyana | |
dc.date.accessioned | 2012-03-26T04:38:42Z | |
dc.date.available | 2012-03-26T04:38:42Z | |
dc.date.issued | 2009-02 | |
dc.identifier.citation | Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang. Hartanto. 2007. “Pengajaran Sastra dan Anak Didik”. www. Google. Com. Ismail, Taufiq. 2005. “Episode Kehidupan”. www. Google.com Jogiyanto. 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi Offset. Mantra, Ida Bagoes. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Saparie, Gunoto. 2006. “Hikmah Pengajaran Sastra Era Kolonial” Surat Kabar Harian Sinar Harapan Edisi 23 Agustus 2006. Soehartono, Irawan. 2004. Metade Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Zaidan, A. Rozak, et al. 2001. Pedoman Penyuluhan Apresiasi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/642 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan memaparkan metode pengajaran sastra yang digunakan guru
dan respon siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah
guru, siswa, dan proses pembelajaran Bahasa Indonesia (: sastra) di SMA Negeri 1
Surakarta kelas XI tahun ajaran 2007-2008. Objek penelitian ini adalah metode pengajaran
yang digunakan guru dalam mengajarkan sastra dan respon siswa dalam pelajaran
Bahasa Indonesia. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesiner,
observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik analisis isi, teknik deskriptif analisis, dan teknik intuitif. Penyajian
hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal. Metode
pengajaran sastra yang digunakan guru bervariasi. Metode itu di antaranya adalah
ceramah, diskusi, tugas belajar, simulasi, latihan, sosiodrama, dan tanya-jawab. Respon
siswa terhadap pembelajaran sastra dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon
pembelajaran drama secara individu, di antaranya diwujudkan dengan membuat komik
sederhana. Respon pembelajaran drama secara kelompok, di antaranya diwujudkan
dengan membuat naskah drama dan membuat rekaman sandiwara. Pada pembelajaran
prosa. Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dilihat secara kelompok dan individu.
Respon siswa secara individu terhadap pembelajaran prosa di antaranya diwujudkan
dengan membuat cerpen dan membuat resensi novel. Respon siswa secara kelompok
diwujudkan dengan diskusi kelompok tehadap materi prosa. | en_US |
dc.subject | pengajaran satra | en_US |
dc.subject | metode mengajar | en_US |
dc.title | PEMBELAJARAN SASTRA: METODE PENGAJARAN DAN RESPON SISWA | en_US |
dc.type | Article | en_US |