Show simple item record

dc.contributor.authorAmani, Zata
dc.contributor.authorNainggolan, Widya
dc.contributor.authorYudhani, Eri
dc.contributor.authorDhawy, Afif
dc.contributor.authorKuriawan, Irwan Nuryana
dc.contributor.authorBaroroh, Ema Zati
dc.date.accessioned2015-12-21T06:18:35Z
dc.date.available2015-12-21T06:18:35Z
dc.date.issued2015-06-13
dc.identifier.citationAlhamri, A., & Fakhrurrozi, M. Kecerdasan emosi pada remaja pelaku tawuran. Jurnal. Jakarta : Universitas Gunadarma. www.gunadarma.ac.id/library/articles/.../Artikel_10501002.pdf. 23 Maret 2013 Ali, M. 1947. History of the prophets versi indonesia terjemahan 2007. Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah Aprilia, N & Indrijati,H. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku Tawuran pada remaja laki-laki yang pernah terlibat Tawuran di smk 'b' jakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 3, No. 1, April. Surabaya: Universitas Airlangga Azizah, Nur (2013). Perilaku moral dan religiusitas siswa berlatar belakang pendidikan umum dan agama. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gajah Majda, 33, 1-16 Baiquni, F. (2013). Pengembangan psychological measures of islamic religiousness (pmir) versi indonesia : Studi pendahuluan. Skripsi. Universitas Islam Indonesia (tidak diterbitkan) Departemen Agama. (2009). Syaamil al-qur’an the miracle (al-qur’an terjemah). Bandung: Sygma Examedia Arkanleem Goleman, D. (1996). Kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Goleman, D. (2003). Kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hurlock, B.E. (2003). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga Kholidah, N. (2010). Mendidik kecerdasan emosi anak dalam perpektif pendidikan Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (tidak diterbitkan) Luxfiati, S.Z. (2007). Cerita teladan 25 nabi. Jakarta: Dian Rakyat Nurhayati, S. (2006). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan disiplin solat santriwati di pondok pesantren putri baitul arqom balung jember tahun ajaran 2006-2007, Skripsi (tidak diterbitkan) Permana, S, I,. Komnas pa: 147 tawuran pelajar pecah selama 2012, 82 remaja tewas. http://news.detik.com/read/2012/12/21/132219/2124481/10/komnas-pa-147-tawuran-pelajar-pecah-selama-2012-82-remaja-tewas (diakses pada tanggal 13 mei 2013) Priliawito, E,. & Rimadi,L. 2011, 82 pelajar meninggal karena tawuran. http://metro.news.viva.co.id/news/read/273484-2011--82-pelajar-meninggal-karena-tawuran (diakses pada tanggal 13 mei 2013)\ Rais, M. L. F. 1997. Tindak pidana perkelahian pelajar . Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Santrock, J.W. (2003). Adolescene (perkembangan remaja) terjemahan. Jakarta: Erlangga Setyowati, Ana.dkk. 2010. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni rumah damai. Jurnal Psikologi Undip Vol. 7, No. 1, April. Semarang: Universitas Diponegoro Weisinger, H. (2006). Emotional intelligence at work. Penerjemah: Roro Ratih Ambarwati. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia. http://kbbi.web.id/ (diunduh tanggal 22 Mei 2013)in_ID
dc.identifier.isbn978-602-71716-2-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6444
dc.description.abstractPenelitian eksperimental ini bertujuan untuk menguji pengaruh seri pertama pelatihan berbasis keteladanan Nabi Ibrahim ini dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Sehingga penelitian ini dapat menjadi sarana preventif dapat mengurangi kecenderungan mereka untuk melakukan tawuran. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah diprediksikan kecerdasan emosi siswa setelah mengikuti pelatihan “Ibrahim-Kun lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. Penelitian ini melibatkan 19 Siswa laki-laki, 63,2 % berusia 16 tahun, dan beragama Islam di sebuah SMA X di Jogjakarta. Untuk mengungkap efek dari pelatihan tersebut maka peneliti mengunakan skala kecerdasan emosi (α=0,866; N=17 aitem). Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test (t= -3.004; p=0.008 atau p < 0,05) dan hasil estimasi effect size ( r=0,57), maka intervensi Ibrahim-kun 1 ini termasuk dalam high effect size (a fairly substantial effect) karena mampu menjelaskan 33,39 % varian kecerdasan emosi. Temuan, keterbatasan dan berbagai rekomendasi dalam penelitian ini juga akan didiskusikan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKecerdasan Emosiin_ID
dc.subjectTawuran Remajain_ID
dc.subjectKarakteristik Nabi Ibrahimin_ID
dc.subjectStudi Eksperimentain_ID
dc.titleIbrahim-Kun: Penanggulangan Tawuran Melalui Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Laki-Laki Berbasis Keteladanan Terhadap Nabi Ibrahim (Studi Pendahuluan)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record