MODEL PENGEMBANGAN SISTEM KOMUNIKASI MANAJERIAL PENYELENGGARAAN KELAS KHUSUS DI SMA NEGERI
View/ Open
Date
2009-02Author
Ngalim, Abdul
M. Wahyuddin
Sarjono, Yetty
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan sistem komunikasi manajerial
penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional, kelas akselerasi, dan imersi di SMA
Negeri di Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan
dengan wawancara dan dokumen. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru,
dan siswa di ketiga sekolah tersebut. Analisis datanya menggunakan teknik analisis interaksi
dan interpretasi. Analisis interaksi dilakukan dengan model siklus: pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas
RSBI, akselerasi, dan imersi memiliki karakterisitk: (1) arah komunikasinya merupakan
perpaduan antara dua dan multiarah, (2) bahasa yang dipergunakan sesuai dengan konteks
komunikasinya, (3) ada pembatasan jumlah siswa, (4) fasilitas memadai, (5) efektivitas
KBM terjamin, dan (6) kurikulum yang dijadikan acuan terbaru adalah KTSP.