Efektivitas Pelatihan Identifikasi Dini Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Pra Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD
Abstract
Permasalahan keterlambatan bicara pada usia pra merupakan keluhan utama yang sering dicemaskan dan dikeluhkan orang tua kepada guru pra sekolah. Setiap tahunnya, 5% hingga 10% anak pra sekolah dipastikan mengalami gangguan keterlambatan bicara. Dalam menyikapi hal ini selain orang tua, tentunya pemahaman guru PAUD akan perkembangan anak didiknya memiliki peranan penting. Namun sangat disayangkan ketika di masyarakat ditemukan bahwa pemahaman guru terhadap karakteristik perkembangan anak didiknya masih tergolong rendah, termasuk pemahaman akan keterlambatan bicara pada anak. Padahal pemahaman tersebut tercakup dalam kompetensi yang harus dikuasai oleh guru yaitu kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan sebuah pelatihan identifikasi dini keterlambatan bicara pada anak yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental one group pre test post test design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 24 orang guru Taman Kanak-Kanak Buah Hati dengan berbagai macam latar belakang pendidikan dan masa kerja. Alat pengumpulan data menggunakan tes prestasi yang digunakan sebelum dan sesudah pelatihan diberikan. Teknik analisis data diperoleh secara kuantitatif melalui tes prestasi dan kualitatif melalui wawancara dan observasi.