Psychological Well Being Pada Remaja Madrasah Tsanawiyah
View/ Open
Date
2015-06-13Author
Syarifuddin, Nur Fajri
Prabowo, Adhyatman
Metadata
Show full item recordAbstract
Psychological well-being adalah salah satu pendekatan positif dalam memahami manusia. Tema ini merupakan pembahasan yang penting dalam konteks remaja mengingat banyaknya stereotip negatif yang meremehkan kapasitas remaja dan lebih fokus pada kekurangan-kekurangannya. Oleh karena itu, pandangan yang positif dan pemberdayaan terhadap kekuatan-kekuatan remaja perlu dilakukan untuk memaksimalkan potensi mereka secara utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran psychological well-being pada remaja awal dengan menganalisis dimensi yang paling dominan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis faktor yang melibatkan 296 remaja awal pada tujuh Madrasah Tsanawiyah di Kota Malang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psychological well-being model likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi yang paling dominan pada remaja adalah environmental mastery (57,8%) dan purpose in life (56,5%). Sedangkan dimensi dengan nilai yang paling kecil adalah autonomy (24,9%) dan positive relations (33,2%).