KONTEKS,ACUAN DAN PASRTISIPAN DISFEMISME PADA UJARAN SISWA SMP NEGERI 3 UNGARAN
View/ Open
Date
2010-02Author
Utami, Susilo
Markhamah
Sabardila, Atiqa
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berkenaan dengan konteks, acuan, dan partisipan disfemisme. Penelitian
ini bertujuan untuk memaparkan konteks munculnya disfemisme, acuan disfemisme,
dan partisipan disfemisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Ungaran Semarang. Data penelitian
berupa korpus atau cuplikan ujaran yang mengandung disfemisme yang diujarkan para
siswa. Data digali dari sumber data primer dan sekunder. Validasi data dilakukan dengan
metode triangulasi data. Data dikumpulkan melalui observasi/pengamatan, rekam/catat
data, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konteks munculnya disfemisme antara
lain karena marah, mengejek, meminta, berkomentar dan menggerutu, membalas,
bercanda, bertanya, kebiasaan, terkejut, geli, menggoda, mengingatkan, menjawab
panggilan, merespon pertanyaan, tidak percaya, iseng, kesakitan, melihat orang lain
cemberut, memberi, menanggapi kritikan, mengulangi permintaan, menuduh,
menyalahkan, menyatakan kekecewaan, terpojok, tersinggung, tidak mau menerima
peringatan, dan tidak sependapat; (2) disfemisme yang digunakan mengacu pada
binatang, profesi, sifat, anggota tubuh, sapaan, bau, dan rasa; dan (3) partisipan
disfemisme dari dua macam yaitu partisipan akrab positif dan partisipan akrab negatif.