Berpikir Positif Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas
Abstract
Setiap siswa berharap terhindar dari rasa cemas ketika berbicara di depan kelas, namun kenyataannya banyak siswa mengalami perasaan negative seperti: takut salah atau ditertawakan, malu, merasa tidak bisa, atau merasa dirinya tidak mampu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas dan mengetahui kontribusi berpikir positif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas. Penelitian dilakukan di SMA Negri Blora kelas XI berjumlah 136 siswa. Dengan menggunakan analisis regresi satu predictor diperoleh hasil ada hubungan negative yang sangat signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas (R=-0,589, p = 0,000). Sedangkan sumbangan berpikir terhadap penurunan kecemasan berbicara di depan kelas sebesar 34,7%.