Pemetaan, Peminimalisasian, Pengkreasian, dan Penggalian Dampak Stiker Vulgar di Lingkungan Pelajar SMA Surakarta
View/ Open
Date
2015-06-13Author
Wahyudi, Agus Budi
Sabardila, Atiqa
Riyanto, Sugeng
Faizah, Naimul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) memetakan stiker vulgar di lingkungan pelajar SMA di Surakarta, khususnya SMA Muhammadiyah di Surakarta; dan (2) meminimalisasi peredaran stiker vulgar tersebut di lingkungan pelajar SMA Muhammadiyah di Surakarta.
Objek penelitian ini berupa kata atau ungkapan bernilai konotasi negatif atau vulgar pada stiker yang nenempel pada helm dan sepeda motor milik pelajar SMA Muhammadiyah di Surakarta. Teknik analisis data menggunakan metode padan referensial dengan alat penentu referen bahasa. Metode padan referensial ini setipe dengan analisis isi (content analysis). Selain teknik padan referensial, apabila memungkinkan digunakan teknik baca markah, Focus Group Discussion (FGD), teknik substitusi (: ganti), teknik sisip (: interupsi), teknik ekspansi (: perluas), dan teknik parafrasa.
Adapun hasil penelitian mengenai pemetaan stiker di lingkungan pelajar SMA di Surakarta pertama di tiga sekolah (: SMA Al Islam Surakarta, SMA Batik 1 Surakarta, dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta) ditemukan sebanyak 40 stiker vulgar dengan berbagai bentuk tulisan, kedua untuk meminimalisasi peredaran stiker perlu pendampingan berkala oleh guru , siswa, dan pemproduksi tulisan. Selain itu diperlukan adanya pengkreasian ulang tulisan yang kreatif, inovatif, dan memberikan motivasi.