MATERI PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN FITRAH MANUSIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat ahli tafsir mengenai fitrah
manusia, mengetahui karakteristik pendidikan Islam berdasarkan materi fitrah manusia,
dan mengetahui materi pendidikan Islam dalam upaya mengaktualisasikan fitrah
manusia. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka murni dalam mengungkap data
yang diperlukan. Untuk mengambil data yang diperlukan digunakan pendekatan tafsir
maudu‘i dan refleksi-filosofis. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dan disusun
dengan analisis isi (content analysis) dan induktif. Hasil dari pembahasan ini dapat
dinyatakan sebagai berikut: Pertama, pendapat para ulama tafsir dalam menafsirkan
ayat khusus fitrah manusia adalah sistem potensi-potensi “tertentu” yang diberikan
Allah kepada manusia semenjak diciptakan-Nya sehingga menjadi pembawaan yang
condong kepada kebaikan dan mengakui keesaan Allah. Kedua, karakteristik pendidikan
Islam dalam proses pembelajaran berupaya untuk mengaktualisasikan totalitas fitrah
yang diberikan Allah secara integral-holistik. Ketiga, materi pendidikan Islam yang
akan membantu teraktualisasinya fitrah manusia setidaknya adalah materi tauhid,
ibadah, kepemimpinan, budi pekerti/moral/akhlak, dan keahlian.