MODEL PENGARUH ATMOSFER AKADEMIK PSIKOLOGIS TERHADAP PERFORMANSI TIM BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI
View/ Open
Date
2010-08Author
Moordiningsih
Prastiti, Wiwin Dinar
Hertinjung, Wisnu Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model situasi psikologis yang diharapkan
mendukung performansi kelompok, khususnya tim-tim belajar (learning teams) yang
belajar untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan-keputusan di tingkat
perguruan tinggi. Permasalahan tentang perbaikan dan perubahan atmosfer akademik
menjadi isu penting dalam pengembangan lembaga-lembaga pendidikan, khususnya
perguruan tinggi. Atmosfer akademik dalam cakupan ilmu psikologi dikenal sebagai
situasi/iklim psikologis (psychological climate) yang dapat diciptakan dalam sebuah
kelompok/tim untuk menunjang performansi kelompok maupun organisasi yang lebih
besar ke arah yang lebih baik. Dimensi situasi psikologis yang akan dikaji meliputi 5
hal, yaitu: kohesivitas kelompok, otonomi, inovasi, saling kepedulian dan tekanan/
tuntutan dalam kelompok. Performansi kelompok yang baik dapat diketahui dengan 4
indikator utama yaitu efektivitas, efisiensi, adanya pembelajaran dan pertumbuhan
kelompok, serta kepuasan anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pola-pola performansi tim belajar di perguruan tinggi
ditentukan oleh interaksi sosial yang terjalin dengan baik dari seluruh komponen fakultas
yang ada di perguruan tinggi dan kepedulian, keteladanan pemimpin dalam mengelola
interaksi sosial untuk membuat inovasi-inovasi pembelajaran serta orientasi terhadap
masa depan tim-tim belajar yang ada di perguruan tinggi.