dc.contributor.author | Rahayu, Sri | |
dc.contributor.author | Markhamah, M. | |
dc.contributor.author | Sabardila, Atiqa | |
dc.date.accessioned | 2012-03-26T06:22:46Z | |
dc.date.available | 2012-03-26T06:22:46Z | |
dc.date.issued | 2010-08 | |
dc.identifier.citation | Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. —. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. | en_US |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/661 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan guru-guru Bahasa Indonesia
dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6.
Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk menggali permasalahan dan hambatan
yang dihadapi para guru dan sekolah dalam mengimplemantasikan kurikulum ini serta
usaha yang mereka tempuh untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa KTSP sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan pemerintah.
Terdapat tiga hambatan dalam pelaksanaan KTSP yaitu berasal dari guru, sarana dan
prasarana sekolah, dan stakeholders. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan
dalam pelaksanaan KTSP tersebut adalah guru harus mampu mengembangkan dan
menyesuaikan materi ajar dengan waktu yang tersedia, sarana dan prasarana digunakan
secara bergantian, dan penyamaan persepsi antar guru melalui forum Musyawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP). | en_US |
dc.subject | Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan | en_US |
dc.subject | implementasi | en_US |
dc.subject | permasalahan | en_US |
dc.subject | solusi | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN 2008 / 2009 | en_US |